Ilustrasi POLRI.

Jakarta - Kursi Inspektur Pengawas Umum (Irwasum) Polri akan segera ditinggalkan empunya. Komjen Fajar Prihantoro akan memasuki masa pensiun sebagai anggota Polri bulan depan. Karena itu gerbong mutasi dan rotasi jajaran Polri dipastikan terjadi.

"Benar mas, bulan depan saya pensiun. Alhamdullilah saya sejauh ini sudah menjalankan tugas saya dengan sebaik-baiknya," kata Fajar kepada Beritasatu.com Rabu (20/3). Hanya saja Fajar mengaku belum tahu siapa yang menggantikannya.

Posisi Irwasum sangatlah strategis. Bisa dikatakan inilah orang nomor tiga terpenting di Polri setelah Kapolri dan Wakapolri. Irwasum sering disebut polisinya polisi karena dia membawahi beberapa jabatan polisi pengawas seperti Kadiv Propam dan Kapus Provost.

"Yang jelas pengganti saya haruslah yang saat ini sudah bintang tiga (Komjen). Bukan Irjen (bintang dua) yang promosi Komjen. Itu artinya Komjen yang ada sekarang akan dirotasi dan jabatan yang dia tinggalkan akan diisi oleh Irjen," bebernya.

Selain Fajar, "persediaan" Komjen Polri saat ini ada 6 orang. Mereka adalah Wakapolri Komjen Nanan Soekarna, Kabareskrim Komjen Sutarman, Kepala BNN Komjen Anang Iskandar, Kabaintelkam Komjen Imam Sudjarwo, Kalemdiklat Komjen Budi Gunawan, dan Kabaharkam Komjen Oegroseno.

Dari semua nama diatas, Budi adalah paling yunior. Dia merupakan Akpol angkatan 1983 sedangkan Komjen yang paling senior dan akan mendekati masa pensiun selain Fajar adalah Nanan Soekarna.

Saat dikonfirmasi apakah nama Asops Polri Irjen Badrodin Haiti dan Kapolda Metro Irjen Putut Eko Bayuseno termasuk yang berpeluang untuk naik pangkat sebagai bintang tiga menggantkan salah satu posisi Komjen yang digeser menggantikan posisinya sebagai Irwasum, Fajar hanya berkomentar pendek.

"Soal siapa orangnya kan ditentukan Wanjakti (Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi)," ujarnya, lalu tersenyum. Fajar tak mau membocorkan.

Posisi Komjen memang cukup strategis karena posisi ini adalah salah satu syarat untuk menjabat Kapolri. Padahal Kapolri Timur Pradopo akan memasuki masa pensiun sekitar 10 bulan lagi yaitu maksimal Januari 2014.

Sejumlah nama saat ini tengah disebut-sebut disiapkan menggantikan Timur. Mereka antara lain adalah Sutarman, Badrodin Haiti, dan Anang Iskandar. Peluang Badrodin saat ini paling kecil karena lulusan terbaik Akpol 82 ini masih bintang dua.

Penulis: Farouk Arnaz/YUD