Seorang petugas bank menumpuk uang kertas rupiah.

Jakarta— Subdit Pencucian Uang Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri menyatakan jika Carolina Gunadi yang telah mendekam di sel Bareskrim sejak 27 Februari lalu berperan aktif dalam kasus pembobolan Bank Jatim Cabang HR Muhammad, Surabaya.

”Carolina ini aktif membantu Yudi Setiawan, suaminya dulu, membobol Bank Jatim pada Januari sampai Maret 2011 dengan nilai kredit Rp 53,2 miliar yang ternyata dijamin dengan aset bodong,” kata Kanit Pencucian Uang Bareskrim Polri Kombes Agus Setya kepada Beritasatu.com Kamis (21/3).

Untuk menghindarkan dirinya dari jerat pidana, Agung menceritakan, Carolina telah bercerai dengan Yudi yang kini tengah ditahan karena tersangkut kasus korupsi pengadaan alat peraga dan sarana penunjang pendidikan pada Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Kuala, di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

”Jadi mereka ini seolah-olah bercerai, tapi kita menduga itu hanya kamuflase saja,” beber Agung.

Ada beberapa bantuan yang diberikan Carolina --yang merupakan pemilik CV Media Sarana Pustaka dan CV Kharisma Pembina Ilmu— untukYudi seperti ikut melakukan pinjaman ke Bank Jatim, ikut menjamin aset kepemilikan tanah miliknya sebagai jaminan tambahan kredit, hingga menerima pencairan pijaman dari Bank Jatim dari rekening Yudi ke rekening Carolina.

”Tersangka juga turut mengatur dan berperan mengalirkan uang kredit ini kemana saja,” beber Agung.

Carolina pada November 2012 lalu sempat diperiksa oleh Unit III Fiskal Moneter dan Devisa (Fismondev) Subdit Fismondev Direktorat Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jatim.

Mengapa diambil alih? Direktur Ekonomi Khusus Bareskrim Polri Brigjen Arief Sulistyanto yang ditemui terpisah mengatakan, ”itu karena aset yang dia miliki dialirkan kemana-mana di luar kewenangan Polda Jatim, maka itu kami ambil alih.”

Untuk diketahui, Yudi adalah tersangka pelaku pembobol sejumlah bank milik pemerintah, seperti Bank Jatim dan Bank Jabar (BJB), dengan nilai Rp50,4 miliar lebih. Selain di proses hukum di Banjarmasin, Yudi juga dijadikan tersangka tindak pidana pencucian uang oleh Polda Jatim dan Bareskrim Polri.

Penulis: Farouk Arnaz/FMB