Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Kupang - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Nusa Tenggara Timur (NTT), Brigadir Jenderal (Brigjen) Polisi Ricky H P Sitohang, mengingatkan kepada seluruh masyarakat menunggu hasil penghitungan suara dari KPU NTT sebagai penyelenggara sah pilgub NTT periode 2013-2018.

Brigjen Pol Ricky HP Sitohang, biaya disapa Ricky Sitohang, mengingatkan kepada semua pihak penyelenggara Pilgub NTT, untuk tidak melakukan manipulasi data. Berilah kepercayaan kepada KPU NTT dan KPUD kabupaten/kota bekerja secara independen dan professional.

"Saya minta agar jangan manipulasi data. Kalau ada manipulasi data nanti ujung-ujungnya ketahuan juga. Untuk itu, percayakan kepada KPU. KPU harus independen," kata Kapolda NTT, Ricky Sitohang kepada SP di Kupang, Senin (25/3).

Kapolda meyakini penghitungan yang dilakukan KPU NTT secara manual itu akan mendapatkan hasil akurat dan benar-benar valid serta transparan.

"KPU selaku lembaga penyelenggara dan yang menghitung perolehan suara harus bekerja jujur, adil dan transparan. Dari penghitungan itu masyarakat mengetahui hasil sebenarnya dan siapa calon yang menang dalam pilgub kali ini," kata Ricky Sitohang.

Ricky Sitohang, mengatakan, kondisi keamanan dan ketertiban di NTT masih aman dan terkendali dalam masa-masa penghitungan suara hasil pemungutan suara sejak Senin (18/3) lalu. Kapolda meminta warga tidak terpancing atau terprovokasi klaim-mengklaim hasil perolehan suara dari berbagai pihak pasangan peserta Pilgub.

Tentang pengamanan Kantor KPU NTT saat proses penghitungan suara, Ricky mengatakan, jajarannya tetap menempatkan anggota untuk pengamanan pelaksanaan penghitungan suara disemua TPS yang ada di NTT. Bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan anggota akan menindak tegas.

Mengenai penegakan hukum pelanggaran pemilu, Kapolda NTT, Ricky Sitohang, mengatakan, jajarannya sudah membentuk penegakan hukum terpadu (gakumdu) bila ada laporan dugaan tindak pidana pemilu. Namun sampai sekarang belum ada laporan dari Bawaslu ke Polda NTT untuk kasus tindak pidana pemilu.

Ricky Sitohang, menambahkan, “Kita menunggu dua hari lagi KPU NTT akan mengumumkan siapa yang keluar sebagai pemenang atau pasangan mana yang memperoleh suara terbanyak dalam Pilgub itu Rabu, (27/3),” tambah Ricky Sitohang.

Suara Pembaruan

Penulis: YOS

Sumber:Suara Pembaruan