Ilustrasi logo halal MUI.

Kuala Lumpur - Aneka produk halal dari sejumlah daerah di Indonesia tampil dalam pameran produk halal di Malaysia (Mihas 2013) dengan harapan bisa meraih pasar internasional yang lebih luas di kawasan Asean, Asia, Timur Tengah, Eropa.

"Malaysia bisa dijadikan pintu gerbang pemasaran produk halal Indonesia ke mancanegara," kata Atase Perdagangan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur, Fajarini Puntodewi di arena pameran produk halal di Kuala Lumpur, Malaysia, Jumat (5/4).

Dalam pameran ini, kata dia, Indonesia menjadi peserta terbesar dengan membawa 50 pengusaha di antaranya dari Riau, Sumsel, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dengan menempati ruang pameran terbanyak mencapai 30 stan.

Dewi menjelaskan, sejumlah produk halal yang ditawarkan di antaranya makanan olahan, kopi bubuk, teh, minuman kesehatan, obat-obatan, jamu, produk kecantikan dan lainnya.

Dengan mengikuti pameran ini, kata Dewi, aneka produk halal buatan Indonesia diharapkan semakin dikenal oleh pasar internasional.

Dewasa ini, permintaan dunia terhadap aneka produk halal semakin menguat karena secara religi, produk yang berlabelkan halal itu memiliki kualitas yang bagus.

"Tren permintaan produk halal sangat bagus dan konsumen berani beli dengan harga pantas karena secara relgi, produk yang halal itu memiliki kualitas yang bagus," ungkapnya.

Menurut Dewi, sejumlah produk halal Indonesia sudah mampu bersaing di pasar internasional dan tentunya ke depan jumlahnya semakin bertambah lagi.

"Dalam pameran ini diharapkan para pengusaha produk halal Indonesia tersebut bisa mendapatkan mitra yang sesuai dengan tentunya dapat membantu mempromosikan ke pasar yang lebih luas lagi," ungkapnya.

Penulis: /FER

Sumber:ANT