Logo Komisi  Komisi Pemilihan Umum (KPU)

Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menjelaskan prosedur yang dijalankan dalam penyusunan daftar calon anggota (caleg) DPR (DCS) untuk Pemilu 2014 di hadapan Komisi II DPR.

Seperti diungkapkan Komisioner KPU, Hadar Gumay, setelah membuka pendaftaran DCS, selanjutnya KPU akan memverifikasi kelengkapan, kebenaran, dan keabsahan dokumen masing-masing calon. Hal itu mulai dilakukan 23 April hingga 6 Mei 2013.

"Hasil verifikasi kelengkapan administrasi ini akan diberikan kepada parpol pada 7-8 Mei 2013. Parpol diberikan kesempatan untuk melakukan perbaikan terhadap hasil verifikasi pada 9-22 Mei 2013," jelas Hadar di Jakarta, Kamis (18/4).

Setelah masa perbaikan, KPU akan kembali melakukan verifikasi hasil perbaikan sejak 23 Mei hingga 29 Mei 2013, untuk selanjutnya menetapkan DCS pada 12 Juni 2013.

"Pengumuman DCS akan dilakukan pada 13-17 Juni 2013," imbuhnya.

Perubahan nama-nama yang telah tercantum dalam DCS dimungkinkan hanya apabila caleg bersangkutan tidak memenuhi persyaratan administrasi. Misalnya karena ada laporan adanya pemalsuan dokumen oleh masyarakat, caleg meninggal dunia, atau mengundurkan diri.

Khusus untuk bakal calon yang sudah dinyatakan memenuhi syarat tapi tiba-tiba mengundurkan diri, maka tidak dimungkinkan dilakukan penggantian calon.

"Dia akan digantikan dengan calon nomor urut berikutnya," kata Hadar.

Dengan demikian, KPU mengharapkan partai politik benar-benar firm dengan setiap caleg yang didaftarkan dan masuk ke dalam DCS.

Penulis: Markus Junianto Sihaloho