Sekjen Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) Yuna Farhan (kanan) dan Koordinator Advokasi & Investigasi FITRA Uchok Sky Khadafi.

Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tengah melakukan kerjasama dengan Inspektorat Jendral (Itjen) Kemendikbud untuk menelusuri dugaan terjadinya korupsi pengadaan Ujian Nasional (UN) tahun 2013.

Juru bicara KPK Johan Budi SP mengatakan, pihaknya akan menunggu hasil investigasi internal pihak Itjen Kemendikbud untuk menjadi bahan telaah guna mencari dua alat bukti yang menguatkan terjadinya tindak pidana korupsi.

"Perlu diinformasikan bahwa KPK sudah berkoordinasi dengan Itjen Kemendikbud berkaitan dengan UN 2013. Mereka berjanji akan melakukan investigasi yang hasilnya akan disampaikan ke KPK," kata Johan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (18/4).

Sementara terkait laporan masyarakat terhadap dugaan korupsi dalam pengadaan UN 2013, Johan mengatakan pihaknya menyambut positif laporan masyarakat atas dugaan penyimpangan tersebut.

Johan juga mengatakan, KPK pun berjanji akan mengusut tuntas kasus itu jika memang ditemukan indikasi korupsi. "Informasi ini tentu akan ditelaah lebih jauh baik di tingkat pengaduan maupun di tingkat kajian," tegasnya.

Sebelumnya, Koalisi Pendidikan melaporkan kepada KPK mengenai dugaan penyimpangan dalam penggandaan dan distribusi soal UN 2013. Koordinator Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) Uchok Sky Khadafi yang merupakan anggota Koalisi menduga ada permainan dalam proses tender pengadaan dan pendistribusian soal UN.

Pemenang tender, katanya, merupakan perusahaan-perusahaan yang menawarkan harga tinggi. Padahal, menurut Uchok, ada perusahaan yang menawarkan harga rendah dan berkapasitas baik tetapi tidak dimenangkan dalam tender.

Dia pun meminta KPK segera mengusut penyelenggaraan UN tersebut. "KPK jangan didahului oleh tim dari Kemendikbud yang dipimpin oleh inspektorat karena nanti bisa hilang semua datanya. KPK mesti bekerja lebih dulu buat mencari adanya penyimpangan di proses tender Kemendikbud," ujarnya.

Penulis: RIS/AF