Logo Danone Aqua.

JAKARTA-AQUA Group, pelopor Air Minuman Dalam Kemasan (AMDK) di Indonesia mengumumkan pemenang kompetisi Anugerah Jurnalistik AQUA (AJA) 2012. Telah terpilih tiga pemenang dari setiap kategori, yaitu karya tulis (cetak dan online), karya foto, karya liputan televise dan karya blogger, serta dua pemenang yang mendapatkan penghargaan khusus.

Kompetisi yang dimulai sejak 6 November 2012 ini telah menerima 1.138 karya tulisan, foto, dan liputan TV bertema “Air dan Kehidupan dari wartawan dan blogger.

Pimpinan AQUA Group, Parmaningsih Hadinegoro mengatakan, AJA 2012 ini diselengarakan untuk memberikan apresiasi kepada jurnalis dan pelaku media sosial di Indonesia.

"Kami berterimakasih atas partisipasi seluruh rekan-rekan wartawan dan penggiat media sosial yang turut terlibat dalam berbagi kisah dan inspirasi mengenai air dan kehidupan pada AJA 2012 ini. Ajang yang kami gelar di tahun ketiga ini merupakan salah satu apresiasi kami atas dukungan yang telah diberikan oleh rekan-rekan jurnalis dan masyarakat selama 40 tahun AQUA hadir di Indonesia,” kata Parmaningsih dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jum’at (19/4).

Selain memberikan apresiasi, penyelenggaraan AJA 2012 ini juga diharapkan mampu mendorong media untuk terus berperan serta dalam menjaga lingkungan, khususnya air.

“Media merupakan salah satu pilar terpenting untuk mendorong seluruh pihak dalam pelestarian lingkungan. Untuk itu, penyelenggaraan AJA ini diharapkan memberikan motivasi bagi media dan blogger untuk melahirkan karya-karya yang dapat mendorong kerja sama yang baik dari seluruh pihak dalam melestarikan lingkungan,” tambah Parmansingsih.

AJA 2012 terbuka bagi wartawan media massa dan blogger di seluruh Indonesia, yang telah mempublikasikan karya tulis, karya foto, artikel blog dan liputan televisi bertema “Air dan Kehidupan” selama periode 1 Januari 2012 hingga 31 Januari 2013.

Di tahun ini, animo wartawan dan blogger meningkat signifikan dari tahun sebelumnya. Hal itu ditandai dengan bertambahnya artikel dan penulisan blog secara signifikan, dari sekitar 700 entri (pada AJA 2011) menjadi 1.138 entri atau meningkat 62%, meliputi 276 karya tulis surat kabar dan media online, 585 karya foto, 45 liputan berita oleh stasiun televisi lokal dan nasional, dan 232 blog. AJA 2012 telah melibatkan 577 partisipan, termasuk di antaranya 353 jurnalis dari 169 media massa dan 224 blogger yang tersebar di 26 provinsi Indonesia.

Pelaksanaan AJA 2012 ini juga merupakan rangkaian dari perayaan Ulang Tahun AQUA Group yang sudah 40 tahun menjalankan usahanya di Indonesia dan komitmen perusahaan untuk berkontribusi pada ekonomi dan juga sosial lingkungan. “Sebagai pelaku usaha di tanah air ini, adalah komitmen kami untuk memastikan pelestarian air dan lingkungan melalui pengelolaan sumber daya air yang berkelanjutan,” ujar Parmaningsih.

Parmaningsih melanjutkan bahwa dalam mendayagunakan air, AQUA Group-melalui proses penelitian ilmiah multidisiplin- memastikan bahwa tidak ada hubungan antara kedua lapisan tanah dalam dan permukaan.

“Kami menggunakan air tanah dalam yang dibatasi oleh lapisan kedap air yang berbeda dengan air permukaan yang dimanfaatkan oleh masyarakat,” ujar Parmaningsih . Ia meneruskan,”Hal ini kemudian dimonitor melalui sistem sumur pantau yang ada di seluruh lokasi air kami sekaligus memastikan dan menjamin operasional perusahaan tidak mengakibatkan dampak yang tidak diinginkan,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Corporate Communication AQUA Group, Troy Pantouw menambahkan penyelenggaraan AJA tahun ini menambahkan kategori liputan televisi dan penghargaan khusus, “Kami juga ingin mengapresiasi jurnalis televisi serta memberikan penghargaan kepada jurnalis maupun blogger yang karyanya dapat memberikan inspirasi bagi kita semua dalam tema Air dan Kehidupan,” ujar Troy

Troy menambahkan bahwa ajang AJA ini diharapkan dapat diselenggarakan setiap tahunnya “Peningkatan jumlah karya di tahun ini memperlihatkan animo yang meningkat terhadap penyelenggaraan kompetisi ini. Di tahun 2013 ini yang bertepatan dengan Hari Jadi 40 tahun AQUA di Indonesia,, kami juga akan mendorong agar lebih banyak lagi karya dari luar Jakarta yang mengikuti AJA ini,” tuturnya. (mam)

Pemenang Anugerah Jurnalistik AQUA 2012

I. Karya Tulis (Cetak dan Online)

1. Muhammad Hafil dari Harian Republika, karya “Sungai Pesanggrahan Dulu dan Kini, Kualitas Sungai Pesanggrahan Lebih Baik Dibandingkan Sungai Lainnya di Jakarta / Republika / 29 Agustus 2012

2. Purnama Catur Naommy Jaya Laksana dari Majalah Femina, karya “Indonesia Kaya Air Bersih, Kok!, 26 Mei-2 Juni 2012

3. Riski Maruto dari LKBN Antara Biro Sulawesi Tengah, karya “Sumber Air Minumku Tercemar Merkuri? / LKBN Antara Biro Sulawesi Tengah / 18 Januari 2013

II. Karya Foto

1. Asep Fathulrahman, dari Antara, karya Krisis Air Bersih / Antara Foto (Banten) / 12 Agustus 2012

2. Desmunyoto P. Gunadi, dari Jurnal Nasional, karya Pengharapan di Tengah Banjir / Jurnal Nasional / 22 Januari 2013

3. Yudhi Sukma Wijaya, dari The Jakarta Globe, karya Membeli Air Mineral / The Jakarta Globe / 27 Maret 2012

III. Liputan Televisi

1. Sufiani Tanjung & Djunaedi Setiawan dari SCTV, karya Sumur Bagi Warga Sumba / SCTV / 16 & 17 Des 2012 / Liputan 6 Siang & Liputan 6 Pagi

2. Harfin Naqsyabandy dari Kompas TV, karya Mimpi Buruk Jakarta / Kompas TV / 24 Jan 2013 21.30 WIB / Berkas Kompas

Investor Daily

Penulis: IMM/FMB

Sumber:Investor Daily