Partai Amanat Nasional no.urut 8

Jakarta - Partai Amanat Nasional (PAN) baru akan menyerahkan Daftar Caleg Sementara (DCS) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) besok, Minggu (21/4). Hal itu dikatakan oleh Wakil Ketua Umum PAN, Drajad Wibowo, ketika dihubungi wartawan, Sabtu (20/4).

"Insya Allah, hari Minggu atau Senin," kata Drajad.

Menurut Drajad, pihaknya memang tidak ingin terburu-buru menyerahkan DCS ke KPU. PAN ingin memanfaatkan semaksimal mungkin waktu yang diberikan oleh KPU untuk penyempurnaan DCS.

"Sehingga, DCS yang diserahkan nanti adalah benar-benar yang terbaik bagi PAN dan masyarakat umum," kata Drajad pula.

Selain itu, Drajad juga beralasan bahwa jumlah DCS PAN sudah melebihi kuota kursi di DPR. Maka dari itu, sisa waktu penyerahan DCS ini akan dimanfaatkan untuk menyeleksi.

"Sudah 200 persen jumlah kuota kursi DPR. Itu sebabnya, kami harus menampung aspirasi lebih banyak, dan menyeleksi secara lebih sempurna, supaya mendapatkan DCS terbaik," kata Drajad.

Ditanya angka (jumlah) DCS-nya sejauh ini, Drajad mengaku lupa. Sementara, terkait jumlah calon anggota lembaga legislatif (caleg) perempuan, menurut Drajad, PAN sudah memiliki lebih dari 30 persen sebagaimana yang disyaratkan undang-undang.

"Jumlah caleg perempuan sudah lebih dari 30 persen. Tapi kami mau sempurnakan penyebarannya per dapil (daerah pemilihan)," ungkapnya.

Seperti diketahui, periode penyerahan DCS sendiri dibuka hingga 22 April mendatang. Namun, dua hari menjelang penutupan, baru satu partai yang menyerahkan DCS, yaitu Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Sementara sejumlah parpol lainnya berencana menyerahkan pada esok hari maupun lusa.

 

Penulis: Rizky Amelia