Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali.

Jakarta - Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suryadharma Ali memimpin langsung penyerahan daftar calon anggota legislatif sementara (DCS) PPP ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Suryadharma didampingi oleh Sekretaris Jenderal PPP M Romahurmuziy dan beberapa jajaran pengurus lain.

"Pada hari ini, tanggal 22 april 2013, PPP telah mendaftarkan para caleg dari 77 dapil ke KPU. Setelah kami melakukan seleksi yang sangat ketat, dari 560 orang, seluruhnya dapat kita penuhi," kata Suryadharma di kantor KPU, Jakarta, Senin (22/4).

"Sebanyak 354 orang laki-laki dan 206 perempuan. Calon-calon itu ada 22 orang perempuan yang menempati nomor urut 1. Incumbent dari 38 orang, yang mencalonkan diri kembali sebanyak 33 orang," imbuhnya.

Terkait pendidikan, lanjut dia, PPP mengakomodir berbagai jenjang pendidikan termasuk latar belakang.

"Dari sisi pendidikan 14 orang doktor, S2 111 orang. Rekruitmen berjalan lancar, animo masyarakat besar, dari TNI, akademisi, mantan birokrat, politisi parpol lain dan artis," ucapnya.

Dia menegaskan, PPP berharap bisa menargetkan minimum 12 persen kursi legislatif.

"PPP pernah mendapat kursi 19 persen, tahun 2014 kami menargetkan 12 persen minimum. Kalau dilihat dari calon-calon yang tersedia, angka 12 persen kami optimis terpenuhi," tegasnya.

Dia menuturkan, proses rekrutmen artis dan non artis tidak ada perbedaan.

"Rekrutmen artis dan non artis sama. Ukuran utama adalah elektabilitas bukan sekadar popularitas. Ada yang optimis di posisi 12 persen ada yang juga memang harus kerja keras," tuturnya.

Suara Pembaruan

Penulis: C-6

Sumber:Suara Pembaruan