Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi

Jakarta - Menteri Dalam Negeri (mendagri) Gamawan Fauzi mengatakan ada tiga daerah otonomi baru (DOB) yang akan diresmikan pemerintah setelah sebelas DOB kini sudah memiliki pelaksana tugas (plt) kepala daerah.

"Masih ada tiga yang mau diresmikan karena memang 14 yang disetujui, saya tidak hapal tapi salah satunya Mamuju," kata Gamawan di kompleks wakil presiden (wapres), Jakarta, Selasa (23/4).

Sebelas daerah otonomi baru yang memiliki plt yaitu Kalimantan Utara, Kolaka Timur, Penukai Abab Lematang Ilir, Pangandaran, Pulau Taliabu, Mahakam Ulu, Banggai Laut, Pesisir Barat, Malaka, Pegunungan Arfak, Manokwari Selatan.

Mamuju kata dia belum bisa disahkan karena proses pengusulannya belum selesai. Mendagri menambahkan untuk DOB akan ada pejabat plt hingga 2015 karena menunggu pemilihan legislatif 2014. Setelah ada pemilihan legislatif baru dipilih kepala daerah.

Pemerintah pusat kata Gamawan akan memfasilitasi dan membimbing kemandirian DOB tersebut mulai dari transfer pegawai, pengelolaan aset dan anggaran dari kabupaten induk.

"Itu diatur untuk diserahkan kepada daerah anaknya. Itu harus ada komitmen sebelum dulu proses pemekaran, harus ada pernyataan transfer dana itu," kata dia mengenai peran daerah induk terhadap pemekaran daerah yang masuk dalam lingkup daerah induk.

Penulis: Ezra Sihite/FMB