Logo Komisi  Komisi Pemilihan Umum (KPU)

Jakarta - Nama-nama bakal calon anggota legislatif (bacaleg) dari 12 partai politik peserta pemilu sudah dapat diakses di webiste resmi milik Komisi Pemilihan Umum (KPU). Ribuan nama bacaleg dari 77 daerah pemilihan (dapil) tersebut resmi diluncurkan di kanal www.kpu.go.id, Rabu (24/4).

"Langkah tersebut, ditujukan untuk memenuhi kecukupan informasi publik. Sehingga publik sejak awal sudah mengetahui siapa saja bakal calon anggota legislatif yang akan dipilih pada pemilu legislatif 2014 nanti," ujarnya di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (24/4).

Husni mengaku tidak ada kewajiban ataupun aturan daftar bacaleg yang sudah masuk harus dipublikasikan. Namun hal itu dilakukannya supaya sejak awal publik dapat mengetahui siapa saja bacaleg yang diajukan partai untuk dipilih oleh masyarakat yang akan mewakili mereka di lembaga legislatif dan sudah didaftarkan ke KPU.

Seperti diketahui KPU telah menerima 6.576 bacaleg untuk anggota DPR dari 12 parpol peserta pemilu yang terdiri atas perempuan sebanyak 2.434 orang dan laki-laki sebanyak 4.142 orang.

KPU, akan melakukan verifikasi terhadap syarat pengajuan pencalonan dan syarat bakal calon dari tanggal 23 April sampai 6 Mei 2013. Hasil verifikasi akan disampaikan kepada partai politik tanggal 7 sampai 8 Mei 2013. Partai diberi kesempatan untuk melakukan perbaikan tanggal 9 sampai 22 Mei 2013.

Verifikasi terhadap perbaikan daftar calon dilaksanakan dari 23 Mei sampai 29 Mei 2013. Penyusunan dan penetapan DCS dilakukan 30 Mei sampai 12 Juni 2013. Sementara pengumuman DCS dilaksanakan 13 sampai 17 Juni 2013.

Husni menegaskan, tidak boleh lagi ada dokumen yang masuk saat verifikasi. Petugas verifikasi harus fokus pada penelitian dokumen partai dan dokumen bacaleg.

Sebelum penyusunan dan penetapan Daftar Calon Sementara (DCS), kata Husni, partai politik memiliki kewenangan untuk melengkapi, menambah, mengurangi syarat pencalonan dan syarat bakal calon, bahkan mengganti bacaleg yang diajukan.

Catatan berkas yang diserahkan oleh partai politik pada masa pendaftaran sudah diberikan langsung kepada perwakilan partai politik pada saat mendaftar. Catatan tersebut berisi uraian jumlah dan jenis data syarat pengajuan calon dan syarat bakal calon.

Penulis: WIN/AF