Aktris, Ayu Azhari.

Jakarta - Artis Ayu Azhari memenuhi panggilan KPK terkait kasus dugaan tindak pidana pencucian uang pegurusan penambahan kuota impor daging sapi di Kementerian Pertanian (Kemtan) tahun 2013, hari ini, Rabu (1/5). Ayu tiba sekitar pukul 10.40 WIB didampingi oleh kuasa hukumnya.

Mengenakan baju cokelat panjang dipadu rok dan kerudung, Ayu menjelaskan ia diundang sebagai saksi untuk tersangka Ahmad Fathanah.

"Saya diundang sebagai saksi untuk didengar penjelasannya tentang Ahmad Fathanah," kata Ayu di kantor KPK, Rabu (1/5).

Hari ini, KPK menjadwalkan pemeriksaan terhadap dugaan tindak pidana pencucian uang pegurusan penambahan kuota impor daging sapi di Kemtan tahun 2013 dengan tersangka Ahmad Fathanah.

Ahmad Fathanah dijerat dengan Pasal 3 dan atau Pasal 4 dan atau Pasal 5 Undang-undang Pencegahan dan pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang jo Pasal 55 Ayat (1) ke 1 KUHP.

Bersamaan dengan penetapan TPPU tersebut, KPK menyita empat buah mobil mewah milik Ahmad Fathanah.

Keempat mobil yang disita penyidik KPK adalah mobil Toyota jenis FJ Cruiser warna hitam dengan nomor polisi B 1330 SZZ, mobil Toyota Alpard warna putih bernomor polisi B 53 FTI, mobil Toyota jenis Land Cruiser Prado TX warna hitam dengan nomor polisi B 1739 WFN, dan mobil Mercy C 200 warna hitam bernomor polisi B 8749 BS.

Selain Mobil Mercy, diketahui 3 mobil dibeli dari dealer William's Mobil Pondok Indah. Kempat mobil itu ditaksir mencapai Rp 4,3 miliar.

Keempat mobil tersebut disita dari kediaman Ahmad Fathanah, salah satunya disita dari Apartemen Margonda Resident, Depok, tempat tinggal Fathanah dengan salah satu istrinya yang bernama Septi Sanustika. Saat ini kempat mobil tersebut menghuni pelataran parkir gedung KPK.

Penulis: Rizky Amelia/NAD