Ilustrasi anak penderita kanker  yang sedang belajar.

Jakarta- Istri Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, Veronika Tan, dikukuhkan menjadi Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) DKI Jakarta masa bakti 2013-2018. Veronika dilantik oleh Ketua YKI Pusat, Dr. Nila Moeloek dan disaksikan oleh Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo.

Pelantikan berlangsung di ruang Balai Agung, Balaikota DKI, Jl. Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (1/5). YKI akan fokus kepada lima hal yang menjadi prioritas, yaitu melakukan kegiatan promosi, informasi dan edukasi upaya pencegahan, kegiatan pengobatan, rehabilitasi dan program terapi anti nyeri.

Nila Moeloek mengatakan, para pengurus YKI adalah volunteer. Untuk itu harus kerja keras membantu Negara.

"Kalau bukan kita sendiri, siapa lagi? Selamat bekerja, mudah-mudahan apa yang bapak ibu lakukan mendapat balasan dari yang maha kuasa," ujar Nila Moeloek.

Sementara itu, Veronika berharap, YKI DKI nantinya bisa membangun sebuah pusat perawatan terpadu bagi pasien pasca pengobatan kemoterapi. Perawatan terpadu itu sekaligus pusat pelatihan dan informasi.

"Ini menjadi program jangka panjang yang sangat penting untuk direalisasikan. Mudah-mudahan rencana itu tercapai dalam waktu dekat," katanya.

Penasehat utama YKI DKI adalah Hashim Djojohadikusumo dan Basuki Tjahaja Purnama. Sejumlah praktisi komunikasi seperti Ida Sudoyo dan Budi Purnomo Karjodihardjo ikut sebagai volunteer di organisasi nirlaba tersebut.

Penulis: H-14/AF