Wakil Ketua DPR RI, Pramono Anung.

Jakarta - Wakil Ketua DPR sekaligus anggota DPR dari daerah pemilihan (dapil) di Provinsi Jawa Timur, Pramono Anung Wibowo, ditunjuk sebagai Ketua Tim Pemenangan calon gubernur-wakil gubernur yang diusung partai itu, Bambang DH-Said Abdullah.

Pramono akan berperan sebagai 'panglima perang' pasangan dalam Pilkada yang akan berlangsung tiga bulan ke depan.

"Tentunya ini tugas tak ringan. Dan semakin tak ringan, justru akan menjadi tantangan yang mempersatukan partai kami," tegas Pramono Anung di Gedung DPP PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta, Jumat (3/5).

Jika PDIP dalam tekanan, biasanya bisa lolos untuk memenangkan Pilkada. "Berada under pressure dan dianggap underdog seperti di Jatim ini, mudah-mudahan justru bisa meningkatkan kolektivitas perjuangan kami," kata dia.

Pasangan PDI Perjuangan dianggap underdog karena pasangan incumbent yang diusung Partai Demokrat, Soekarwo-Syaifullah Yusuf dinilai sangat sulit dikalahkan.

Pramono juga yakin bisa membalikkan keadaan karena PDIP di Jatim relatif solid dan kekuatan pasangan Bambang DH-Said Abdullah yang dianggap bisa membawa perubahan ke arah lebih baik.

"Yang pasti kami tidak ngapusi dan tak korupsi. Inilah pertimbangan kami mengajukan calon ini di Jatim," ujar Pramono.

Sementara Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, Sirmadji, mengatakan pihaknya siap bekerja keras memenangkan Bambang DH-Said Abdullah di pilkada Jawa Timur.

Sirmadji akan menjadi Sekretaris Tim Pemenangan Pasangan Bambang DH-Said Abdullah.

"Mulai minggu depan, kami akan undang kekuatan inti di Jatim untuk bersama-sama menyiapkan langkah memenangkan pasangan Bambang DH-Said Abdullah," kata Sirmadji.

Penulis: Markus Junianto Sihaloho/WBP