Cawagub  Said Abdullah (tiga dari kiri) dan Cagub Jatim Bambang DH  (lima dari kanan) mengapit Sekjen PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo di DPP PDI Perjuangan Lenteng Agung, Jakarta Selata, Jumat (3/5). Pasangan itu didukung solid oleh para pengurus PDI Perjuangan.

Jakarta - Calon Gubernur (cagub) Jawa Timur yang diusung PDI Perjuangan, Bambang DH, menegaskan kesiapannya untuk bertarung pada pilkada yang akan digelar dalam tiga bulan mendatang.

"Saya siap bertarung dan berterima kasih atas kepercayaannya," kata Bambang dalam konferensi pers di DPP PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Jumat (3/5).

"Saya kira ini perlu kerja keras dan kecerdasan. Karena calon lawan sudah lama "running". Saya optimis di bawah Pak Pramono Anung sebag panglima perang, kami akan memenangkan pertarungan," ujarnya.

Dia mengakui perebutan kursi kepala daerah Jawa Timur periode 2013-2018 akan dinamis mengingat kuatnya pengaruh calon incumbent, Soekarwo-Syaifullah Yusuf.

Namun, dia yakin dengan track record-nya yang baik saat menjabat sebagai Wali Kota Surabaya selama dua periode, masyarakat akan percaya tawaran etos kepemimpinan Bambang-Said.

"Menggerakkan orang dan motivasi orang sangat mudah kalau kepercayaan sudah dibangun. Saya punya pengalaman menjadi Wali Kota Surabaya dua periode, dan dipercaya masyarakat," kata Bambang.

Salah satu prestasinya yang terkenal adalah berhasil menyusun rancang bangun pembangunan Surabaya, serta berhasil menerapkan manajemen anggaran daerah. Berdasarkan penilaian Pemerintah Pusat, di zaman kepemimpinan Bambang DH, Surabaya berhasil melakukan efisiensi anggaran hingga 24 persen, sehingga bisa mengalokasikannya ke pembangunan yang lebih luas.

"Memang berat menghadapi incumbent yang populer. Tapi kami yakin dengan modal yang ada, seperti lebih dari separuh kepala daerah di Jatim itu dari partai kami, maka peluang kami besar," tandas dia.

Sekjen PDI Perjuangan, Tjahjo Kumolo, menambahkan, partainya juga akan serius mendukung pasangan Bambang DH-Said Abdullah di Pilkada Jatim.

"Ketua umum kami, Bu Megawati, juga akan berkelilig ke Jawa Timur memantapkan persiapan kami sekaligus mensosialisasikan pasangan yang kami usung," ujar Tjahjo.

Penulis: Markus Junianto Sihaloho