Amelia Yani (tengah) bersama Taufik Kiemas (kanan)

Jakarta - Politisi senior PDI Perjuangan, Taufik Kiemas, mengaku senang dengan hasil survei terbaru yang menunjukkan kemunculan calon-calon presiden alternatif.

"Itu kalau diberi kesempatan anak muda, pasti muncul. Regenerasi itu tak bisa ditahan," kata Taufiq di Jakarta, Selasa (7/5).

Karena itu, Taufik berharap agar partai politik memberikan porsi lebih terhadap capres alternatif baru dan muda. Misalnya lewat cara konvensi yang hingga saat ini baru dimunculkan oleh Partai Demokrat (PD).

"Saya anggap itu caranya supaya bakat mereka itu jangan disia-siakan," kata Taufiq.

Seperti diketahui, sejumlah lembaga survei, belakangan ini, mempublikasikan elektabilitas sejumlah capres alternatif di luar nama-nama lama. Muncullah nama-nama seperti Dahlan Iskan, Mahfud MD, Gita Wiryawan, dan Irman Gusman.

Taufiq menekankan bahwa hasil survei itu sebenarnya menggambarkan keinginan publik yang menginginkan adanya calon alternatif.

Di luar itu, prinsipnya Indonesia hidup di alam reformasi pasca-1998 dan seharusnya pelaku-pelaku sejarah itu dibiarkan terlibat dalam proses politik masa kini.

"Janganlah orang yang tak ikut reformasi, kepengen juga," kata Taufiq sambil tersenyum.

Penulis: Markus Junianto Sihaloho