Ketua Umum Partai Hanura Wiranto

Jakarta - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Hanura, Dossy Iskandar, mengatakan partai Hanura akan menindaklanjuti hasil verifikasi bakal calon anggota legislatif (bacaleg) yang dirilis oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) hari ini terutama terkait bacaleg ganda.

"Soal bacaleg ganda, kami lihat persoalannya kalau merugikan partai atau publik pasti akan kami coret. Tapi kalau misalnya hanya namanya dipakai, Partai Hanura tentu akan pertimbangkan, asalkan tidak ada maksud membohongi publik, membohongi partai atau menguntungkan diri sendiri. Kami perlu cek dan ricek dulu," ujarnya di Jakarta, Selasa (7/5).

Dossy menambahkan, Partai Hanura akan memberikan ruang untuk menyampaikan pikiran-pikiran bacaleg yang terindikasi ganda sebelum akhirnya dicoret pada masa perbaikan. Partai Hanura pun, lanjut Dossy, sudah mempersiapkan bacaleg cadangan yakni sekitar 90 nama bacaleg.

Untuk diketahui KPU hari ini merilis 24 nama bacaleg yang ganda maupun yang baru terindikasi ganda, baik ganda antar parpol, maupun ganda di daerah pemilihan (dapil). Dari Partai Hanura setidaknya ada beberapa nama bacaleg ganda partai yakni Muhammad Kadafi, dicalonkan Partai Hanura di Dapil Lampung I nomor urut 8. Dicalonkan juga oleh Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) di Dapil Lampung I nomor urut 9.

Nama kedua bacaleg ganda partai yakni DR. Ir. H. Farid Al Fauzy dicalonkan Partai Hanura di Dapil Jatim XI nomor urut 3. Atas nama H. Moch.Farid Al Fauzi dicalonkan pula di Partai Nasdem di Dapil Jatim I nomor urut 10.

Sementara nama yang terindikasi ganda yakni Abdul Rahman Sappara dari Partai Nasdem Dapil Sulsel I. Dicalonkan Partai Hanura dari Dapil Sulses I nomor urut 5.

Begitupula nama Razman Arief, Sag, MA, SH, Ph.D dari Partai Gerinda Dapil Sumut II nomor urut 6. Dengan nama DRS.Razman Arif SH.MA.PHD di Dapil Sumut III oleh Partai Hanura dengan nomor urut 10.

Indikasi ganda lainnya yakni DR.Nuriyati Samatan,DRA,M.Ag dari Partai Gerindra Dapil Sulteng nomor urut 3. Dengan nama DR.DRA.Nuriyati Samatan,M.Ag dicalonkan Partai Hanura di Dapil Sulteng nomor urut 6.

Terakhir yakni nama Andre Hehanusa, dari Partai Hanura di Dapil Jabar II nomor urut 5. Juga dicalonkan PKPI di Dapil Jabar VII nomor urut 2.

 

 

Suara Pembaruan

Penulis: WIN/AF

Sumber:Suara Pembaruan