Gubernur NTT, Frans Lebu Raya

Kupang - Wakil Presiden Budiono dijadwalkan akan berkunjung ke Kabupaten Ende Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk meresmikan patung Bung Karno di lapangan Pancasila Ende pada 1 Juni 2013, dan menetapkan Ende sebagai Kota Pancasila.

"Kunjungan Wapres RI akan resmikan situs dan patung Bung Karno di Kota Ende Flores,” ungkap Gubernur NTT, Frans Lebu Raya kepada Suara Pembaruan di rumah pribadinya di jalan Thamrin Kota Kupang, Kamis, (16/5).

Kunjungan Wapres ke Ende kali ini merupakan kunjungan ke kedua kalinya. Sebelumnya, Wapres mengunjungi situs Bung Karno untuk rencana pemugaran.

Untuk kunjungan kali ini, kata Frans Lebu Raya, bertepatan dengan hari Pancasila yang jatuh pada 1 Juni 2013. Wapres telah mencanangkan pemugaran empat situs Bung Karno di daerah itu sebagai tempat lahirnya Pancasila.

Lebih lanjut Gubernur mengatakan, empat situs sejarah bangsa itu antara lain Patung Bung Karno di lapangan Pancasila, kediaman Soekarno, rumah kesenian Bung Karno dan tugu Bung Karno di gunung Kelimutu.

"Selain itu, kunjungannya kali ini juga untuk memperingati hari lahirnya Pancasila,” kata Frans Lebu Raya.

Frans Lebu Raya, menjelaskan, saat ini Tim dari Wapres telah turun ke Ende untuk melakukan koordinasi dan survey terkait rencana kunjungan Wapres di kota Ende sebagai Kota Pancasila.

"Pemerintah provinsi NTT dan kabupaten Ende juga telah melakukan pertemuan pemantapan dengan tim Wapres di Jakarta. Terkait kunjungan ini, persiapan di Kota Ende telah rampung dan siap menerima kedatangan Wapres di Ende," tambahnya.

Suara Pembaruan

Penulis: YOS/FER

Sumber:Suara Pembaruan