Foto pasangan Frans Lebu Raya - Benediktus A Litelnoni

Kupang - Rekapitulasi perhitungan suara pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) putaran kedua yang dilakukan di Sekretariat DPD PDIP Kota Kupang, Minggu, (26/5) sudah mencapai titik final.

Perhitungan di sekretariat DPD PDIP itu dilakukan oleh pengurus partai dibantu relawan dari perguruan tinggi yang berada di Kota Kupang dengan menampilkan perolehan suara kedua pasangan sesuai data diterima menunjukkan perolehan suara untuk pasangan Frans Lebu Raya - Benediktus A Litelnoni atau paket Frenly unggul.

Sesuai pantauan SP di tempat perhitungan suara versi frenly center menunjukkan suara sebanyak 1.058.789 atau 51,16 persen. Sedangkan untuk pasangan Esthon L Foenay - Paul Talo atau paket Esthon-Paul Talo sebanyak 1.010.812 atau 48,84 persen.

Semua pimpinan dari tujuh partai pendukung pasangan Frenly hadir di tempat itu dan menyampaikan kepada wartawan Frenly keluar sebagai pemenang Pilgub putaran kedua.

Hasil rekap tersebut jumlah suara yang masuk sebanyak 2.069.408, surat yang rusak atau golput mencapai 957.682 dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 3.027.283 yang berada di 8.360 TPS tersebar di 21 kabupaten/ Kota seluruh wilayah NTT.

Namun Pasangan Esthon-Paul, mengklaim dengan melakukan jumpa pers di hotel Romyta dan menyatakan bahwa pasangannya menang sesuai perhitungan dilakukan kubu Esthon-Paul dengan perolehan suara sebagai berikut paket Esthon-Paul 51,07 persen dan paket Frenly 48,03 persen.

Ketua KPU NTT, Johanes Depat, yang dihubungi SP, hingga malam ini belum dapat dihubungi melalui telepon genggamnya. 

Suara Pembaruan

Penulis: YOS/FMB

Sumber:Suara Pembaruan