Laksamana Muda TNI Ade Supandi

Jakarta - Atas jasanya mempertahankan kemerdekaan Indonesia di Bali, Kapten Markadi diusulkan menjadi pahlawan oleh masyarakat Jembrana, Bali.

Asisten Perencanaan Kepala Staf TNI Angkatan Laut, Laksamana Muda Ade Supandi mengatakan, Indonesia masih sangat miskin dengan pahlawan nasional yang bervisi maritim.

"Kapten Markadi dikenal sebagai pejuang pertempuran laut pertama di masa kemerdekaan," katanya, di sela-sela Seminar Nasional Peran Kapten Laut Markadi dalam Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan RI, Selasa (28/5).

Menurutnya, Markadi layak menjadi pahlawan karena berjuang persis enam bulan setelah kemerdekaan.

"Dinobatkannya Markadi sebagai pahlawan akan membuat prajurit TNI AL dan kaum muda secara umum bisa terinspirasi atas perjuangannya," ucap Ade.

Untuk itu, TNI AL membantu akan bantu mengupayakan agar Markadi segera menjadi pahlawan nasional. Saat ini, TNI AL sedang menyiapkan detail data kepahlawanan Markadi sebagai syarat pengakuan.

Kapten Markadi dikenal sebagai prajurit TNI AL yang berani menghadapi pasukan Belanda dalam pertempuran jarak dekat.

Ia dan pasukannya menyeberangi Selat Bali dari Jawa Timur dalam Operasi Lintas Laut Jawa-Bali untuk bisa menyusup ke Bali yang saat itu dikuasai Belanda.

Suara Pembaruan

Penulis: Y-7

Sumber:Suara Pembaruan