Mendikbud M. Nuh

Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) M Nuh telah menyampaikan kepada presiden mengenai hasil temuan Inspektorat Jenderal atas penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2012 oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan yang Plt dirjennya sebelumnya dijabat oleh Wamendikbud Windu Nuryanti. Mengenai hal itu, kata M Nuh, sudah disampaikan secara lisan kepada presiden.

"Secara lisan saya sampaikan, tapi semua menunggu hasil dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)," kata M Nuh di kantor presiden seusai rapat internal, Jakarta, Selasa (4/6).

M Nuh menambahkan, dia sudah menyerahkan perbandingan laporan dari Inspektorat Jenderal dan dari Windu Nuryanti dan tidak bisa menyimpulkan mengenai kepastian korupsi dan kerugian negara.

Dia mengatakan lembaga antirasuah itu yang akan menyelidiki dan memberikan kepastian mengenai dugaan kasus penyimpangan anggaran tersebut.

"Saya antarkan sendiri langsung diterima Pak Abraham Samad. Saya bilang tolong dipelajari, kalau ada apa-apa silakan. Itu intinya saya sekarang harus menghormati tidak mau berkomentar apa pun dikhawatirkan membangun opini padahal itu kan sudah ditangani KPK," katanya lagi.

Presiden sendiri, kata M Nuh, belum memberikan instruksi apa pun mengenai dugaan kasus korupsi di kementeriannya itu. Yang penting tegas mendikbud dia sudah melaporkan bahwa kasus itu sudah dibawanya ke KPK berikut bukti-bukti tertulis.

"Hasilnya apa, saya serahkan ke KPK. Ya sudah monggo KPK yang berikan penilaian dan saya siap bantu, Bu Windu siap bantu. Siapapun kalau salah harus bertanggung jawab," katanya lagi.

-

Penulis: Ezra Sihite/FER