Ilustrasi Pemilu

Palembang - Calon Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru menyatakan hanya percaya dengan hasil penghitungan akhir Komisi Pemilihan Umum pada Pilkada Sumsel, Kamis (6/6). Saat ini beberapa lembaga survei hitung cepat menempatkannya sementara pada urutan kedua.

Hal tersebut dikemukakannya di Palembang, berdasarkan pengalaman Pilkada calon Wali Kota Romi Herton-Harnojoyo sebelumnya kalah berdasarkan hasil penghitungan cepat lembaga survei.

"Namun, nyatanya mereka yang menang dalam Pilkada Palembang, artinya masih ada kemungkinan," kata Herman Deru yang di dampingi calon Wakil Gubernur Maphilinda memberikan keterangan pers di rumah pribadinya kawasan Taman Kenten, Palembang, Kamis sore.

Deru yang pada pagi hari menyalurkan hak suara di TPS 04 Desa Sidomulyo, Kecamatan Belitang, Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, memilih langsung meluncur ke Palembang untuk berkumpul dengan keluarga dan tim suksesnya.

Ia mengemukakan, rasa optimitis itu cukup beralasan mengingat selisih dengan pesaing terdekat yakni pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel Alex Noerdin-Ishak Mekki hanya kisaran 2,0 persen.

Apalagi survei tersebut hanya dilakukan di 350 TPS dari total 16.579 TPS tersebar di 11 kabupaten dan empat kota se Sumatera Selatan.

Sementara, hasil penghitungan tim pemenangannya sendiri justru menempatkan unggul 0,12 persen dari Alex-Ishak (pasangan nomor urut 4).

"Saya akan menunggu sekaligus mengawal penghitungan secara manual Komisi Pemilihan Umum untuk memastikan hasil akhir Pilkada Sumsel," kata Bupati OKU Timur ini.

Terkait dengan persaingan dalam perebutan suara dengan pasangan nomor urut 4 yakni Alex-Ishak, Deru menyatakan telah memprediksi sejak awal.

"Memang sejak awal saya memperkirakan berselisih tipis dengan Alex-Ishak. Yang jelas, berdasarkan penghitungan cepat ini diketahui bahwa Pilkada Sumsel akan berjalan satu putaran karena persentase saya dan Alex di atas 30 persen," katanya.

Berdasarkan hasil hitung cepat sementara yang dilakukan Pusat Kajian dan kebijakan Pembangunan Strategis, pasangan calon gubernur-wakil gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin-Ishak Mekki (nomor urut 4) memperoleh suara 35,02 persen.

Selanjutnya, pasangan Herman Deru-Maphilinda (nomor urut 3) dengan 33,23 persen, kemudian Eddy Santana Putra-Wiwit Tatung (nomor urut 1) tercatat 17,44 persen, dan Iskandar Hasan-Hafisz Tohir (nomor urut 2) terendah 14,31 persen.

Penulis: /YUD

Sumber:Antara