Presiden SBY membuka Pekan Kesenian Bali di Renon, Sabtu siang WS (15/6)

Denpasar, Bali - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) secara resmi membuka Pekan Kesenian Bali (PKB) di Taman Budaya Bali, Denpasar, Sabtu (15/6) malam, sekitar pukul 20.00 WITA.


Dalam sambutannya, SBY meminta semua lapisan masyarakat di negara ini agar terus menjaga dan melestarikan kebudayaan.


Hal itu sangat penting supaya tidak tergerus, bahkan hilang karena derasnya pengaruh globalisasi.


"Penting sekali supaya menjaga dan melestarikan seni dan budaya di Indonesia di tengah kehidupan modern yang semakin terintegrasi dengan globalisasi," kata SBY.


Presiden hadir didampingi ibu negara Ani Yudhoyono, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh, dan Gubenur Bali Made Mangku Pastika.


Presiden juga meminta agar para seniman dan budayawan terus membangkitkan kreatifitas sehingga seni dan budaya tetap hidup.


"Negara terus memberikan dorongan, motivasi dan semangat kepada para seniman untuk terus berkreasi, terus mencipta dan mengembangkan seni budaya bangsa," ujarnya.


PKB merupkan ajang tahunan pagelaran kesenian di Pulau Bali. Tidak hanya budayawan dan seniman Bali yang berpartisipasi dalam acara ini, beberapa negara sahabat seperti India, Timor Leste dan Amerika Serikat juga turut andil mempresentasikan budayanya masing-masing.


Acara ini juga diisi dengan berbagai pertunjukkan seni, musik tradisional dan stan-stan yang menjual produk-produk kerajinan seluruh nusantara.


"Kepada seluruh wisatawan baik dari dalam negeri maupun dari mancanegara, saya ucapkan selamat datang dan selamat menyaksikan Pesta Kesenian Bali sekaligus menikmati alam di Pulau Dewata," ujar SBY kepada ribuan wisatawan yang hadir dalam pembukan PKB ke 35 ini.

Suara Pembaruan

Penulis: R-14

Sumber:Suara Pembaruan