Ilustrasi daerah Lampung.

Jakarta - Indonesia Development Monitoring (IDM) merilis hasil survei terkait para bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Lampung.

Dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Rabu (19/6), Direktur Eksekutif IDM, Fahmi Hafel, menjelaskan pihaknya sudah melaksanakan survei terkait hal itu pada 2 - 16 Juni.

Berdasarkan hasil survei itu, ada enam tokoh yang dipertimbangkan masyarakat sebagai calon kepala daerah dengan popularitas yang cukup. Yakni Walikota Bandar Lampung Herman HN, Ketua DPD Partai Golkar Lampung Alzier Dianis Thabranie, Wagub Lampung Joko Umar Said, Sekda Provinsi Lampung Berlian Tihang, Bupati Lampung Barat Mukhlis Basri, dan Staf Khusus Presiden SBY Andi Arief.

Dari keenam nama itu, empat diantaranya memiliki tingkat popularitas tinggi di atas 90 persen adalah Herman HN, Joko Umar Said, Berlian Tihang, dan Mukhlis Basri.

"Meskipun belum menjadi daya tarik yang kuat bagi pemilih, potensi mereka setidaknya dapat dilihat dari tingkat penerimaan pemilih pada mereka. Dalam hal ini indikasinya dapat dilihat dari tingkat kesukaan pemilih pada mereka," jelas Fahmi.

Sementara popularitas itu ternyata tak sebanding dengan elektabilitasnya. Dari sisi elektabilitas di atas 15 persen, survei IDN menemukan nama Alzier Dianis Thabranie, Berlian Tihang, dan Mukhlis Basri.

"Yang teringgi diantara mereka adalah Berlian Tihang dengan 31,4 persen. Dia ini bukan datang dari kalangan Parpol tetapi dari kalangan birokrasi," jelasnya.

Sementara untuk tokoh muda, elektabilitasnya tertinggi adalah Staf Khusus Presiden SBY Andi Arief dengan 5,6 persen. Dia mengalahkan Ketua DPD Partai Demokrat Lampung, Muhamad Ridho Ficardo yang elektabilitasnya hanya 0,9 persen.

Fahmi menjelaskan survei itu dilakukan oleh seluruh warga negara Indonesia yang tinggal di Provinsi Lampung, yang sudah berumur 17 tahun dan memiliki hak pilih. Jumlah sampel adalah 300 orang dengan toleransi kesalahan sebesar plus minus 2,5 persen, pada tingkat kepercayaan 98 persen.

Penulis: Markus Junianto Sihaloho/AF