Sejumlah pengendara motor antre untuk mengisi bahan bakar di SPBU dikawasan Cikini, Jakarta Pusat

Jakarta - Menteri Perindustrian MS Hidayat memperkirakan pengumuman kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi akan dilaksanakan pada Jumat malam, 21 Juni 2013.

Menurut dia, pada Kamis (20/6) pemerintah dan DPR akan melaksanakan Sidang Paripurna, ia mengatakan jika hasil sidang sudah ada kesepakatan final maka Jumat Malam, pengumuman kenaikan harga BBM akan disampaikan.

"Saya memperkirakan, Jumat malam kenaikan harga BBM akan diumumkan, tinggal menunggu sidang paripurna selesai kamis ini," ujar dia saat ditemui seusai Rapat Koordinasi dengan Gubernur Bank Indonesia di Gedung BI, Jakarta, Kamis (20/6)

Hidayat mengatakan Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) sudah siap untuk ditransferkan kepada 15,5 juta Rumah Tangga Sasaran (RTS) sehari setelah pengumuman kenaikan harga BBM yaitu pada Sabtu, 22 Juni 2013.

Dia menuturkan dampak kenaikan harga BBM akan menyebabkan fluktuasi harga selama 3 bulan. Menurutnya setelah tiga bulan, kondisi kembali normal.

"Sampai tiga bulan ini memang ada fluktuasi harga, hal ini wajar terjadi setelah tiga  bulan harga kembali normal," ujarnya.

Dalam Kesempatan yang sama, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) Armida Alisjahbana mengatakan saat ini pemerintah telah siap menyalurkan BLSM kepada masyarakat miskin. Menurutnya jika kenaikan BBM sudah diumumkan maka program BLSM langsung disalurkan.

"Insyallah siap, program BLSM tidak ada masalah," tambahnya.

Armida mengatakan tujuan diberikannya BLSM adalah untuk menjaga daya beli masyarakat agar tetap stabil serta meredam terjadinya inflasi yang tinggi.

Investor Daily

Penulis: DHO/AF

Sumber:Investor Daily