Serang - Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Serang menggeledah Kantor Dinas Pendidikan Kota Serang untuk mencari berkas dan dokumen terkait kasus korupsi pengadaan laboratorium bahasa senilai Rp 4 miliar.

Proyek pengadaan laboratorium bahasa yang didanai APBN tahun 2010 lalu itu, diberikan ke Pemerintah Kota Serang dalam bentuk Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk bidang pendidikan. Diduga, pengadaan laboratorium bahasa itu tidak dilaksanakan sesuai spesifikasi yang dibutuhkan atau ditetapkan.

Berdasarkan pantuan, penggeledahan Kantor Dinas Pendidikan Kota Serang tersebut dilakukan Kamis (27/6) sekitar pukul 13.30 WIB, yang dipimpin langsung oleh Kasi Pidsus Kejari Serang Triono Rahyudi, dan dibantu Kasi Intel Kejari Serang M Arief Abdilla bersama belasan penyidik dan staf Kejari Serang.

Tim dari Kejari Serang ini, memeriksa beberapa ruangan yang ada di Kantor Dindik Kota Serang di antaranya, ruangan Kasubag Perencanaan, Evaluasi, dan Program, Kabid Pembinaan SMP, dan ruagan bagian Keuangan. Penyidik yang berada si beberapa ruangan ini, langsung mencari berkas-berkas yang menyangkut proyek pengadaan laboratorium Bahasa untuk SMP senilai Rp 4 miliar.

Kasi Pidsus Kejari Serang Triono Rahyudi mengatakan, berkas dan dokumen yang dicarinya menyangkut data anggaran, dokumen pengadaan barang dan jasa, dan dokumen lainnya yang berkaitan dengan kasus tersebut. "Kami mencari dan membutuhkan berkas-berkas itu, untuk menguatkan penyidikan yang kami lakukan," terangnya.

Saat disinggung mengenai tersangka dalam kasus tersebut, Triono belum mau membukanya. Padahal kasus korupsi pengadaan laboratorium bahasa Rp4 miliar itu sudah dalam tahap penyidikan. “Ini sebagai proses penyidikan. Untuk nama tersangka sabar dulu ya," ujar Triono.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Serang Urip Henus, mengatakan bahwa penggeledahan yang dilakukan oleh Kejari Serang merupakan hal yang sah dilakukan. “Sah-sah saja dilakukan oleh penegak hukum,” kata Urip Henus.

Dalam kasus ini, beberapa pejabat dari Dinas Pendidikan Kota serang dan Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah (DPKD) Kota Serang sudah diperiksa, di antaranya pejabat pelaksana teknis kegiatan (PPTK) proyek pengadaan laborataorium bahasa Nurdin, dan anggota panitia pengadaan Sarnata.

Suara Pembaruan

Penulis: 149

Sumber:Suara Pembaruan