Anas Urbaningrum

Jakarta - Mantan Ketua Umum Partai Demokrat (PD), Anas Urbaningrum, merupakan salah satu pendiri organisasi masyarakat (Ormas) Pergerakan Indonesia (PI).

PI dibentuk sebagai wadah perjuangan membangun budaya politik yang idealis, bermartabat, berkarakter dan berkemanusiaan.

Hal itu dikemukakan orang dekat Anas, Tri Dianto di Jakarta, Minggu (30/6).

"Ormas PI didirikan oleh Anas Urbaningrum. Inti perjuangannya ialah melawan penindasan atas nama kekuasaan terhadap generasi-generasi muda atau baru yang potensial," katanya.

Tri yang juga mantan Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PD Cilacap menjelaskan, PI juga wadah sosial dan kebudayaan, lintas golongan dan lintas partai. "Semangatnya adalah ikut berperan menggerakkan Indonesia menjadi makin baik, bersatu, demokratis, bukan oligarkhis, meritokratis, bukan feodal, familikrasi, memuliakan prestasi," imbuhnya.

Dia menambahkan, PI cinta damai, anti kekerasan, diskriminasi, kriminalisasi, pembodohan. "Sejatinya juga PI itu anti kemunafikan dan kepura-puraan. Rencana bulan puasa atau habis lebaran kita akan deklarasi," tutupnya.

Suara Pembaruan

Penulis: C-6

Sumber:Suara Pembaruan