Ilustrasi kapal ferry ro-ro.

Merak - Sebanyak 42 unit kapal roll on roll off (roro) akan disiapkan untuk melayani arus mudik Lebaran tahun 2013 ini di Pelabuhan Merak. Armada kapal roro sebanyak itu diharapkan mampu mengatasi berbagai persoalan yang sering terjadi pada tahun-tahun sebelumnya di Pelabuhan Merak yakni antrean kendaraan dan kemacetan.

“Kami sangat optimistis, 42 unit kapal roro mampu mengatasi berbagai persoalan terkait antrean dan kemacetan di Pelabuhan Merak ketika arus mudik Lebaran tiba. Kami hanya berharap, pihak pengelola pelabuhan dalam hal ini PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Utama Merak memperbaiki segala sarana dan prasarana yang ada untuk memperlancar pelayanan arus mudik nanti,” ujar Ketua Gabungan Pengusaha Angkutan Danau dan Penyeberangan (ASDP) Merak, Togar Napitupulu, di Merak, Selasa (9/7).

Togar menjelaskan, pihak PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, telah berjanji untuk memperbaiki fasilitas pelabuhan yang saat ini masih dalam kondisi rusak. “Untuk menyukseskan pelayanan arus mudik Lebaran tahun ini dibutuhkan peran serta dari semua pihak,” katanya.

Sementara itu, General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, Suprianto menegaskan, dalam mengahadapi angkutan lebaran nanti, PT ASDP telah mempersiapkan seluruh fasilitas yang dibutuhkan guna memberikan kenyamanan para pengguna jasa penyeberangan. "Meski masih ada beberapa hal yang harus disempurnakan, tapi pada intinya kami siap menyambut arus mudik," jelasnya.

Untuk diketahui, Kementerian Perhubungan menggelar rapat persiapan arus mudik Lebaran tahun 2013 di Kantor PT ASDP Ferry Cabang Merak, Selasa (9/7). Rapat itu dihadiri Direksi PT ASDP Indonesia Ferry, kepolisian, Otoritas Pelabuhan penyeberangan (OPP), Gapasdap, Syahbandar dan KSOP Banten.

Direktur Lalu Lintas Kementrian Perhubungan, Sudirman Lambali mengatakan, rapat tersebut bertujuan untuk menyukseskan angkutan lebaran seperti tahun 2012, yaitu dengan melakukan koordinasi dengan pihak-pihak yang terlibat dalam melayani masyarakat yang akan melakukan mudik.

"Pada rapat tersebut dibahas seluruh persiapan arus mudik yang harus dipersiapkan, mulai dari persiapan dermaga, kapal, pelabuhan, dan fasilitas pendukung lainya," katanya. Menurut Sudirman, semua instasi yang terlibat dalam menyukseskan arus mudik 2013 nanti, telah mempersiapkan segalanya dan saya harapkan sukses dari tahun sebelumnya. Selain itu, dia memprediksi, pemudik akan mengalami peningkatan 6% dari tahun 2012. "Semua sudah siap bertanggungjawab sesuai tugas dan fungsi intansi mereka. Persiapan arus mudik harus matang, sebab peningkatan arus mudik pasti akan terjadi " ujarnya. 

-

Suara Pembaruan

Penulis: 149/AF

Sumber:Suara Pembaruan