Industri batik tulis Madura di Bangkalan

Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono hari ini dijadwalkan akan meresmikan pembukaan Gelar Batik Nusantara (GBN) 2013 di Jakarta Convention Center (JCC).

GBN 2013, yang digelar pada 17-21 Juli 2013 merupakan pameran tahunan yang melibatkan produsen, praktisi, pengrajin, dan industri batik di Tanah Air.

Acara ini menampilkan batik dalam berbagai dimensi, di antaranya di dimensi seni dan kerajinan, tata saji, teknik, dan teknologi.

Presiden akan hadir bersama Ibu Negara Ani Yudhoyono, yang juga dikenal sebagai pencinta batik, pada acara yang digelar Kementerian Perindustrian.

Selain itu, dijadwalkan hadir sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu II, di antaranya Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menteri Perindustrian MS Hidayat, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu, dan Menteri Koperasi dan UKM Syarief Hasan.

Batik adalah bagian penting dari warisan budaya Indonesia. Batik Indonesia terkenal di seluruh dunia karena memiliki pola rumit yang indah, desain halus, dan warna khas.

Pada tahun 2009, UNESCO, salah satu organisasi Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) menobatkan batik sebagai warisan budaya dunia.

 

Investor Daily

Penulis: Nov/FER

Sumber:Investor Daily