Menteri Pertanian Suswono .

Pemalang—Menteri Pertanian Suswono mendukung upaya penegakan hukum terkait kasus korupsi di lingkungan Kementerian Pertanian meskipun hal itu menyangkut oknum yang mengaku berasal dari partainya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS)

“Saya mendukung penuh penegakan hukum pada siapa saja yang melakukann tindak pidana korupsi di lingkungan Kementerian Pertanian,” kata Mentan Suswono seperti dikuitp dalam keterangan tertulisnya yang diterima Beritasatu.com, di Pemalang, Jawa Tengah, Sabtu (20/7).

Mentan Suswono mengemukakan hal tersebut mengomentari penahanan salah seorang pendukung PKS di Jember, terkait pengadaan benih tahun 2012 oleh PT Hidayah Nur Wahana. “Jika memang ada pelanggaran silakan diproses secara hukum. Saya mendukung penuh,” lanjutnya.

Mentan Suswono mengungkapkan, sejak awal menjabat sebagai menteri dia sudah menyatakan kepada jajarannya untuk bekerja secara profesional, termasuk menentukan pemenang proyek di lingkungan Kementerian Pertanian.

“Sejak awal saya katakan, jika ada yang meminta proyek mengatasnamakan partai tolak saja, karena itu pasti tidak profesional,” tandas Suswono .

Mentan menambahkan, apabila dibutuhkan, dirinya dan jajaran Kementerian Pertanian siap membantu dan bekerja sama dengan aparat dalam proses penegakan hukum.

Namun demikian, ia juga meminta aparat penegak hukum bertindak profesional. Tidak menjadikan proses penengakan hukum sebagai komoditas politik. Apalagi dibumbui festivalisasi dengan hal-hal yang tidak berkait penegakan hukum itu sendiri.

“Siapa pun kalau bersalah harus diproses secara hukum. Namun penegakan hukum harus profesional, tidak politis, dan penuh bumbu-bumbu yang tidak ada kaitannya dengan penegakan hukum itu sendiri,” katanya.

Penulis: Whisnu Bagus Prasetyo/WBP

Sumber:PR