Wakil Ketua Umum Partai Demokrat (PD), Nurhayati Assegaf.

Jakarta - Sejumlah tokoh diperkirakan bakal mengikuti konvensi calon presiden (capres) Partai Demokrat (PD). Namun diketahui, banyak di antara mereka masih menjabat jabatan di eksekutif dan legislatif, maupun di institusi lainnya.

Lalu, apakah ada aturan peserta konvensi yang memegang jabatan penting untuk mengundurkan diri?

"Saya tidak tahu pasti, apakah ada aturan untuk mundur dari jabatan yang sedang diemban," kata Wakil Ketua Umum PD, Nurhayati Assegaf, di Jakarta, Senin (5/8) malam.

Meski demikian, Nurhayati mengaku berharap etika jabatan tetap dikedepankan. Artinya, konvensi jangan sampai mengganggu kinerja institusi.

"Kandidat harus berpikir, apakah meninggalkan tugas, atau seperti apa. Kan tidak selalu harus ada aturan. Tapi perlu etika. Mari kita lihat etika. Pantaskah atau tidak?" ujar Ketua Fraksi PD di DPR ini.

Seperti diketahui, beberapa tokoh yang disebut-sebut akan mengikuti konvensi, antara lain adalah Ketua DPR Marzuki Alie, Ketua DPD Irman Gusman, Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat (AS) Dino Patti Djalal, Menteri Perdagangan (Mendag) Gita Wirjawan, Menteri BUMN Dahlan Iskan, Kepala BNP2TKI Jumhur Hidayat, mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Pramono Edhie Wibowo, serta mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD.

 

-

Suara Pembaruan

Penulis: C-6

Sumber:Suara Pembaruan