Ilustrasi kereta api.

Sukabumi - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) merestui rencana Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengaktifkan kembali rute transportasi kereta Bogor-Sukabumi. Hal ini dirasa perlu mengingat waktu yang ditempuh dari Jakarta ke Sukabumi dengan jalur darat kendaraan roda empat dianggap relatif makan waktu berjam-jam.

"Pak Dahlan terimakasih atas prakarsanya kalau pak Dahlan katakan dua bulan itu paling lambat," demikian disampaikan SBY di Sukabumi saat memberi sambutan dalam peluncuran Kesadaran Jaminan Kesehatan di Sukabumi, Senin (21/10).

Sebelumnya dalam kesempatan yang sama, Dahlan meminta persetujuan presiden atas rencana pengaktifan kembali jalur kereta Bogor-Sukabumi dalam dua bulan. Kemudian dalam lima bulan kata dia akan dilakukan jalur Cianjur dan Sukabumi.

"Saya dukung penuh yang penting cepat dilaksanakan," lanjutnya.

SBY menambahkan adapun anggaran untuk transportasi tersebut tidak akan dilepaskan dari anggaran di Kementerian Perhubungan. Pembangunan infrastruktur tersebut kata dia diharapkan bakal bisa mendorong kelancaran arus barang dan jasa.

Penulis: Ezra Sihite/MUT