Para simpatian Jokowi minta Megawati agar merestui Jokowi mencalonkan Presiden RI

IRC: Jokowi Teratas, Wiranto dan Prabowo Menguntit

Para simpatian Jokowi minta Megawati agar merestui Jokowi mencalonkan Presiden RI (istimewa)

Jakarta - Elektabilitas capres Wiranto dan Prabowo Subianto berebut menduduki peringkat kedua sebagai calon yang paling banyak dipilih. Tingkat elektabilitas Wiranto berada di angka sekitar 10,7 persen dan Prabowo sekitar 9,4 persen.

Untuk posisi pertama masih berada di genggaman Joko Widodo dengan tingkat keterpilihan sekitar 36,2 persen.

“Mirip dengan hasil yang dirilis IRC minggu lalu (21 Oktober) saat data yang telah diverifikasi dan dicek ulang mencapai 30 persen, urutan kedua dan ketiga masih berada dalam genggaman mereka berdua (wiranto dan Prabowo). Sementara itu, Joko Widodo juga masih berada di urutan pertama sebesar 36,2 persen,” kata Peneliti Indonesia Research Center (IRC), Yunita Matondang, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (31/10).

Menurutnya, persaingan ketat akan tetap terjadi di posisi kedua. Dukungan terhadap Wiranto terlihat menguat berdasarkan survey yang dilakukan IRC pada September hingga Oktober ini. Dibandingkan survey yang dilakukan IRC pada Mei lalu yang dilakukan dengan metode yang sama, dengan jumlah responden 1978, elektabilitas Wiranto sudah naik 6 poin dalam empat bulan terakhir.

“Saat itu, elektabilitas Wiranto baru di kisaran 4 persen, sementara Prabowo sudah mencapai sekitar 16 persen,” ucapnya.

IRC telah menjalankan survei pemilu 2014 di seluruh provinsi. Responden dipilih secara acak sistematik bertingkat (multistage random).

Data yang terkumpul dari survey tatap muka menggunakan kuesioner yang dijalankan pada 25 September 2013 lalu, saat ini sedang dalam tahap pengolahan dari 8.200 responden atau sekitar 50 persen dari total responden yang ada.

Suara Pembaruan Y-7

Yeremia Sukoyo/YUD

Suara Pembaruan