Partai NasDem
Yang belum lolos verifikasi diberikan kesempatan sampai tanggal 25 November

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia hari ini mengumumkan bahwa hanya Partai Nasional Demokrat telah lulus verifikasi dan dengan demikian telah memenuhi syarat sebagai badan hukum.

"Sampai hari ini hanya partai Nasional Demokrat yang sudah memenuhi syarat sebagai partai politik yang berbadan hukum," kata Menteri Hukum dan HAM, Amir Syamsuddin, dalam telekonferensi dengan wartawan di Jakarta dari Palembang hari ini.

Namun demikian, Amir melanjutkan, untuk partai-partai lain yang belum lolos verifikasi diberikan kesempatan sampai tanggal 25 November untuk memenuhi kelengkapan administrasi.

Amir menambahkan, partai-partai lain yang belum melengkapi adalah partai Serikat Rakyat Independen (SRI), partai Keadilan Rakyat (Pakar), dan Partai Kemakmuran Bangsa Nasional (PKBN).

"Kita beri kesempatan karena sifatnya  teknis, tidak substansial, sehingga kita maksimalkan verifikasi sampai 25 november," tambah Wakil Menteri Hukum dan HAM, Denny Indrayana.

Denny mencontohkan, persyaratan teknis yang dimaksud seperti surat pernyataan di atas materai dari pengurus partai untuk tidak menjadi pengurus partai lain dan fotokopi KTP/SIM yang dilegalisir.

"Kami tidak ingin hal teknis menghalangi hak berpolitik yang lebih substansial," lanjutnya.

Karena itu Kementrian Hukum dan HAM mengundang perwakilan partai politik yang belum melengkapi persyaratan pada Senin (14/11) di Gedung Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum untuk membahas masalah-masalah terkait.

Penulis: