Komjen Badrodin Haiti Jadi Wakapolri

Komjen Badrodin Haiti Jadi Wakapolri
Komjen Polri Badrodin Haiti. ( Foto: ANTARA FOTO/Dhoni Setiawan / Dhoni Setiawan )
Farouk Arnaz Kamis, 27 Februari 2014 | 22:37 WIB

Jakarta - Posisi orang nomor dua di tubuh Polri berganti. Kabaharkam Polri Komjen Badrodin Haiti dipastikan menjadi Wakapolri menggantikan Komjen Oegroseno yang memasuki masa pensiun.

"Insyaallah (telegram Kapolri) besok akan turun. Posisi Wakapolri (diisi) Pak Badrodin dan minggu depan baru (ada telegram) siapa pengganti Pak Badrodin (sebagai Kabaharkam)," kata Kapolri Jenderal Sutarman dalam perbincangan singkat dengan Beritasatu.com Kamis malam (27/2).

Ditunjuknya Badrodin bukanlah hal yang mengejutkan. Memang ada dua skenario pergantian Oegroseno yang akan memasuki masa pensiun pada akhir Februari ini itu.

Skenario pertama adalah Oegroseno diganti oleh Badrodin dan skenario kedua Oegroseno diganti Irwasum Komjen Anton Bachrul Alam.

"Pak Anton kan baru (dilantik) jadi Irwasum," tambah Sutarman saat ditanya mengapa bukan Anton yang jadi orang nomor dua di korps baju coklat itu.

Anton memang baru menjabat Irwasum dan naik pangkat ke bintang tiga pada 6 Desember lalu.

Namun, lagi-lagi, Kapolri tidak menanggapi saat ditanya jika posisi yang ditinggal Badrodin itu akan diisi oleh Kapolda Metro Irjen Putut Eko Bayuseno dan posisi Putut diisi Kapolda Jatim Irjen Unggung Cahyono.

"Minggu depan," sambungnya.

Badrodin adalah lulusan terbaik Akpol 1982. Mantan Kapolda Sumatera Utara ini akan pensiun pada Juli 2016.

Dengan demikian, komposisi bintang tiga yang ada saat ini selain Oegroseno, Anton dan Badrodin adalah Kalemdikpol Komjen Budi Gunawan (Akpol 1983, pensiun Desember 2017). Yang lain adalah Kaba Intelkam Komjen Suparni Parto (Akpol 1980, pensiun September 2015), Kabareskrim Komjen Suhardi Alius (Akpol 1985, pensiun Mei 2020), dan Kepala BNN Komjen Anang Iskandar (Akpol 1983, pensiun Mei 2016).

CLOSE