Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (ketiga kanan) didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono (kedua kanan), Kepala Basarnas Letjen TNI Marinir Alfan Baharuddin (keempat kanan), Wagub Banten Rano Karno (kelima kanan) dan Menko Polhukam Djoko Suyanto (keenam kanan) meninjau KN SAR Pacitan seusai peresmian kapal tersebut pada Apel Kesiapsiagaan Basarnas dan Potensi SAR di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Rabu (5/3). Apel tersebut digelar guna memperingati HUT Basarnas ke-42.

Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono hari ini memimpin Apel Kesiagaan Nasional dalam rangka puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Badan SAR Nasional (Basarnas) ke-42 di Dermaga PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk, Kota Cilegon, Provinsi Banten.

Selain memimpin apel siaga, Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha mengatakan Kepala Negara juga akan meresmikan pengoperasian dua unit kapal katamaran milik Basarnas, yaitu KN SAR Pacitan dan KN SAR Purworejo yang panjangnya mencapai 59 meter.

"Bapak Presiden berkunjung ke Banten, khusus menghadiri apel siaga dan peresmian kapal milik Basarnas. Tidak ada agenda lainnya. Itu agenda tunggal selama berada di Banten," kata Julian di Jakarta, Rabu (5/3).

Julian mengatakan, tidak ada kunjungan ke perusahaan tertentu, meski dermaga yang digunakan untuk kegiatan tersebut milik PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk, sebuah perusahaan penyedia kertas terbesar di Indonesia.

"Tidak ada kunjungan ke PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk. Tidak ada spesifik agenda berkunjung ke perusahaan itu," ujar dia.

Pada kesempatan itu, Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) akan mengerahkan tiga unit kapal perang yaitu, KRI Patiunus, KRI Sanca, dan KRI Kobra yang kini disiagakan di perairan sekitar dermaga Pelabuhan Indah Kiat.

Dalam acara tersebut juga dilakukan simulasi operasi SAR dan proses evakuasi korban oleh tim Basarnas yang melibatkan alat utama antara lain, dua unit pesawat CASA, dua unit helikopter Dauphin, dua unit helikopter BO-105, dua unit Rescue Boat Cataraman 59 meter, satu unit Rescue Boat 40 meter dan berbagai perangkat lainnya.

Investor Daily

Penulis: Nov/Ezra Sihite/FEB

Sumber:Investor Daily