Jokowi Calon Presiden

Indeks Kepemimpinan Jokowi Paling Tinggi

Jokowi Calon Presiden (Beritasatu.com/Danung Arifin)

Jakarta - Pengamat kebijakan publik dari Universitas Indonesia (UI), Andrinof A. Chaniago menilai hasil survei Laboratorium Psikologi Politik UI dan Indo Barometer soal Indeks Kepemimpinan Nasional bisa menjadi tolak ukur untuk melihat kapabilitas dan kapasitas calon presiden.

Dari survei yang menunjukkan bahwa nilai tertinggi diperoleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) itu, dapat terlihat Jokowi memang yang paling punya modal kuat jadi presiden RI.

"Dari profil psikologis yang dihasilkan oleh Laboratorium Politik UI itu mengarahkan sejauh mana kualitas itu bisa mendukung kepemimpinan nasional ke depan. Dan dari sifat-sifat dan karakter Jokowi seperti dimuat hasil survei itu, itu jelas akan mendukung apabila dia menjadi presiden," kata Andrinof, saat dihubungi wartawan di Jakarta, Kamis (13/3).

"Artinya, profil Jokowi itu sesuai dengan tantangan yang akan dihadapi oleh presiden di masa mendatang."

Walau demikian, Andrinof menyatakan bahwa tak ada seorang pemimpin yang tak memiliki kekurangan. Dalam konteks itulah maka seorang presiden pantas didampingi oleh wakil presiden dan menteri yang mumpuni.

"Itulah yang bisa ditutupi oleh seorang wakil presiden dan menteri-menteri di kabinet," ujarnya.

Sebelumnya, Gubernur Jakarta Joko Widodo (Jokowi) dinyatakan unggul dalam 10 indikator yang diujikan Laboratorium Psikologi Politik Universitas Indonesia (UI) bekerjasama dengan Indo Barometer yang dirilis pada Rabu (12/3/2014).

Menurut Direktur LPP UI Hamdi Muluk, dalam melakukan survey atas Indeks Kepemimpinan Nasional dan Dinamika Capres - Cawapres 2014, pihaknya menggunakan 10 indikator untuk mengukurnya.

Yakni visioner, leadership, intelektualitas, keterampilan politik, komunikasi politik, stabilitas emosi, ketegasan, kemampuan manajerial, penampilan, dan integritas moral.

Selain Jokowi, nama yang masuk dalam survey tersebut adalah Aburizal Bakrie, Din Syamsuddin, Hatta Rajasa, Khofifah Indar Parawansa, Megawati Soekarnoputri, Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto, Said Aqil Siradj, Soekarwo, Suryadharma Ali, dan Tri Rismaharini.

Dalam 10 dimensi itu, Jokowi unggul dibanding 11 tokoh lainnya. Skor total dari semua dimensi yang diujikan menempatkan Jokowi 7,55 persen dengan rentan nilai 1-10. Jokowi disusul Prabowo (7,07), Megawati (6,58), Aburizal (6,38), Hatta (6,15), Muhaimin (5,83), Khofifah (5,78), Suryadharma (5,76), Risma (5,57), Din (5,67), Said (5,50), Soekarwo (5,47).

"Skor pribadi Jokowi paling tinggi pada dimensi empati sosial, ketrampilan politik, dan komunikasi politik," ujar Hamdi Muluk.

Markus Junianto Sihaloho/FER