SBY Terbang Perdana Bersama Pesawat Kepresidenan

SBY Terbang Perdana Bersama Pesawat Kepresidenan
Pesawat kepresidenan Republik Indonesia tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, (10/4). Pesawat RI 1 jenis Boeing Bussiness Jet 2 (BBJ2) varian dari Boeing 737 seri 800 yang memiliki spesifikasi dan desain interior khusus untuk penerbangan VVIP dan baru pertama kali dimiliki oleh Indonesia tersebut dibeli pemerintah seharga US$89,6 juta atau sekitar Rp847 miliar. ( Foto: Suara Pembaruan / SP/Joanito De Saojoao )
Novy Lumanauw / MUT Senin, 5 Mei 2014 | 10:11 WIB

Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), hari ini terbang perdana bersama pesawat kepresidenan Boeing Business Jet (BBJ2) dari Base Ops Halim Perdanakusuma, Jakarta, menuju Denpasar, Bali. Rombongan akan lepas landas pada pukul 13.00 WIB.

Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha mengatakan, penerbangan tersebut menjadikan Bali sebagai provinsi pertama di Indonesia, yang dikunjungi Presiden SBY menggunakan pesawat jenis Boeing 737-800.

"Ini pertama kali Bapak Presiden menggunakan pesawat kepresidenan. Kunjungan pertama adalah Bali," kata Julian di Jakarta, Senin (5/5).

Julian mengatakan, di tingkat regional, Myanmar akan menjadi negara pertama yang akan dikunjungi Presiden dengan pesawat canggih, yang dibeli dari perusahaan Boeing Company seharga Rp 847 miliar. Rencananya, pada 10 Mei 2014 mendatang Presiden akan bertolak ke Myanmar untuk menghadiri KTT ASEAN.

Lebih lanjut dikatakan, sebelum digunakan Presiden, pesawat kepresidenan dengan kode registrasi RI-001 dan dipanggil dengan sandi Indonesia One saat ditumpangi Presiden, terlebih dulu melakukan uji coba penerbangan, yang dipimpin Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi, pada 10 April lalu. Saat ini, lanjut Julian, pesawat kepresidenan ditempatkan di bawah Skuadron Udara 17 VIP TNI AU.

"Pesawat Kepresidenan sudah melakukan uji coba ke Banda Aceh, Manado, dan Merauke. Mensesneg Sudi Silalahi yang pimpin penerbangan uji coba itu. Saat ini, Provinsi Bali menjadi daerah pertama kunjungan kerja Presiden menggunakan pesawat kepresidenan," jelas Julian.

Rencananya, selama berada di Bali, 5-7 Mei 2014, Presiden didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono akan meresmikan pembukaan Konferensi Open Government Partnership (OGP) Asia-Region Pasifik dan mengunjungi Museum di Istana Mancawarna Bali.

Sumber: Investor Daily
CLOSE