Survei PDB: Prabowo-Hatta Salip Elektabilitas Jokowi-JK

Survei PDB: Prabowo-Hatta Salip Elektabilitas Jokowi-JK
Pasangan Peserta Pemilu Presiden 2014 Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan Joko Widodo-Jusuf Kalla bersanding, usai menyampaikan visi dan misinya saat Debat Capres-Cawapres di Jakarta, Senin (9/6). SP/Joanito De Saojoao. ( Foto: Suara Pembaruan / SP/Joanito De Saojoao )
Hotman Siregar / FMB Sabtu, 14 Juni 2014 | 17:03 WIB

Jakarta - Pertarungan jelang pemilihan presiden dan wakil presiden pada 9 Juli mendatang berlangsung sangat ketat. Dalam survey Pusat Data Bersatu (PDB) periode 6-11 Juni 2014, pasangan Prabowo-Hatta berhasil mengungguli pasangan Jokowi-Jusuf Kalla.

Penliti Senior PDB, Agus Herta, menyebutkan, elektabilitas Prabowo-Hatta saat ini telah mencapai 31,8 persen. Sementara Jokowi-JK hanya 29,9 persen.

"Sejak September 2013 hingga Akhir Mei 2014, elektabilitas Jokowi-JK selalu teratas. Namun, pada periode 6-11 Juni 2014, Prabowo-Hatta unggul atas Jokowi-JK," ujar Agus Herta dalam Press Release Hasil Survey "Adu Sprint Elektabilitas Capres-Cawapres" di Hotel Puri Denpasar, Sabtu (14/6) sore.

Dari elektabilitas itu, Agus menyebutkan, masyarakat belum punya pilihan 17,2 persen dan rahasia 19,4 persen. Artinya, pasangan yang bisa mengambil suara terbanyak dari swing voters akan memenangi persaingan pilpres mendatang.

Terkait dengan kemantapan masyarakat memilih capresnya, 67,4 persen mantap pilih Prabowo-Hatta. Sedangkan 67,29 persen mantap pilih Jokowi-JK.

"Pemenang pilpres ditentukan saat-saat terakhir. Peningkatan elektabiltas Prabowo sangat tinggi karena saat ini masing-masing kubu saling melemparkan kritik yang sangat keras," katanya.

Survey dilakukan PDB melalui telepon dengan sampel sebanyak 1.200 responden. Sampel yang mewakili masyarakat pengguna telepon di 33 provinsi di Indonesia.

Sumber: Suara Pembaruan
CLOSE