JK: Indonesia Siap Buka KBRI di Palestina i

Jusuf Kalla

Oleh: Carlos KY Paath / FAB | Rabu, 25 Juni 2014 | 13:27 WIB

Bandung - Calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) bertekad membuka Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Ibu Kota Palestina, Ramallah. Hal tersebut merupakan bukti bahwa Indonesia mendukung penuh kemerdekaan Palestina.

Menurut JK, pendirian KBRI di Palestina mempunyai banyak manfaat. "Indonesia bisa lebih dekat dan bisa langsung kalau ada masalah dan membantunya (Palestina). Pendirian KBRI juga memperkuat sikap Palestina sendiri. Indonesia negara Islam terbesar di dunia," kata JK di Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (25/6).

JK sendiri mengungkapkan, dirinya sudah pernah dua kali menginjakkan kaki di Ramallah. "Saya dua kali masuk Ramallah, dua kali masuk Yerusalem. (Tujuannya) untuk memahami soal perdamaian konflik, maka kita harus kenal dua-duanya. Saya kenal dua-duanya (Palestina dan Israel) otoritas di sana," ucapnya.

"Sebenarnya Indonesia siap untuk buka kedutaan di Ramallah. Di Palestina juga diminta (Indonesia buka KBRI), di Yerusalem juga," pungkasnya.

Sebelumnya, dukungan pada kemerdekaan terhadap Palestina telah oleh Jokowi pada debat capres jilid III, di Jakarta, beberapa waktu lalu.


Sumber: Suara Pembaruan
ARTIKEL TERKAIT