Mantan Uskup Agung Flores Tutup Usia

Mantan Uskup Agung Flores Tutup Usia
Ilustrasi makam ( Foto: Murizal Hamzah )
/ FER Selasa, 29 November 2011 | 22:29 WIB

Mantan Uskup Agung Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur Mgr. Donatus Djagom, SVD wafat hari ini dalam usia 92 tahun.


Mantan Uskup Agung Ende, Flores, NusaTenggara Timur (NTT) Mgr. Donatus Djagom, SVD wafat hari ini dalamusia 92 tahun. Sosok yang sangat dihormati oleh warga NTT inimeninggal dunia sekitar pukul 12.00 WIT dan disemayamkan di GerejaKatedral Ende. Direncanakan, pemakaman tokoh agama ini pada Jumat 2Desember mendatang di Ndona, Keuskupan Agung Ende, Flores.


"Beliau merupakan pribumi pertamayang menjadi Rektor SMA Katolik di Ende. Selama ini jabatan itudipegang oleh orang Belanda atau Jerman," papar Theophilus Beladidikan Donatus Djagom kepada beritasatu.com malam ini.


Theophilus menyatakan Donatus lahir diKampung Bilas, Manggarai, Flores Barat pada 10 Mai 1919. Pendidikanseminari kecil dimulai di Mataloko, Flores. Lalu merangkak keseminari tinggi di Ledalero, Maumere. Donatus muda yang hauspendidikan mengantarnya terbang ke seminari tinggi di Belanda.


"Donatus ditahbiskan menjadi imamdari Serikat Sabda Allah (SVD) di Belanda pada 28 Agustus 1949,"jelas Ketua Umum Forum Komunikasi Kristiani Jakarta.


Selesai di Belanda, Theophilusmenjelaskan Donatus belajar bahasa Inggris di Manila sekaligusmenulis tesis Master berjudul "Monyet Berasal dari Manusia"sesuai legende rakyat Flores. Lalu dipromosikan menjadi Rektor SMAKatolik "Syuradikara" Santo Michael di Ende.


"Bapak Paus di Roma mengangkat PakDonatus sebagai uskup Agung Ende Flores pada 11 Juni 1969 hinggapensiun pada 1996," ungkap Theophilus.alumnus SMA KatolikSyuradikara Ende.


CLOSE