Pimpinan DPR 2014-2019 Dilantik Ketua MA

Pimpinan DPR 2014-2019 Dilantik Ketua MA
Kericuhan yang terjadi dalam sidang paripurna ke-2 untuk pemilihan pimpinan DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (1/10). PDI Perjuangan meminta sidang dihentikan dan dilanjutkan pada Kamis (2/10). ( Foto: BeritaSatu Photo/Joanito De Saojoao )
Heru Andriyanto / HA Kamis, 2 Oktober 2014 | 05:06 WIB

Jakarta - Usai sidang paripurna DPR yang secara aklamasi memilih pimpinan baru periode 2014-2019, Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali langsung melantik lima pimpinan tersebut Kamis (2/10) dinihari.

Mereka adalah KETUA Setya Novanto (Golkar) dan WAKIL KETUA: Fadli Zon (Gerindra), Fahri Hamzah (PKS), Agus Hermanto (Demokrat) dan Taufik Kurniawan (PAN).

Pelantikan ini tidak dihadiri anggota DPR dari empat fraksi yaitu PDIP, Hanura, Nasdem dan PKB. Mereka melakukan aksi walkout setelah interupsi rapat tidak didengar oleh ketua sidang Popong Djundjunan, dalam sidang paripurna yang disiarkan secara live oleh Beritasatu TV.

Keempat fraksi tersebut menyatakan tidak ikut bertanggung-jawab atas hasil keputusan sidang paripurna.

Paket pimpinan DPR ini diajukan oleh lima parpol yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih (KMP) yaitu Golkar, Gerindra, PKS, PAN dan PPP, dan kemudian didukung oleh Partai Demokrat.

"Pikiran kami cocok dengan KMP," kata ketua Fraksi Demokrat yang baru, Edhie Baskoro Yudhoyono.

CLOSE