Kuasai DPR-MPR, KMP Tak Berniat Memakzulkan Jokowi-JK

Kuasai DPR-MPR, KMP Tak Berniat Memakzulkan Jokowi-JK
Voting pemilihan ketua MPR, 8 Oktober 2014. ( Foto: Beritasatu.com/ Heru Andriyanto )
Markus Junianto Sihaloho / YUD Rabu, 8 Oktober 2014 | 06:03 WIB

Jakarta - Koalisi Merah Putih (KMP) akhirnya berhasil menguasai jajaran pimpinan di DPR dan MPR RI. Diharapkan tidak ada ketakutan berlebihan bahwa hasil tersebut bakal bermuara pada impeachment Presiden Joko Widodo atau upaya pelemahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI.

Menurut Anggota Fraksi Partai Golkar, Muhammad Misbakhun, ketakutan demikian adalah ketakutan yang berlebihan. Karena KMP, elite dan anggotanya, sama sekali tak pernah memiliki niatan demikian.

"Presiden, Pak Jokowi, tak bisa asal-asalan diimpeach. Hanya alasan Konstitusional yang bisa seperti itu. Tak ada niatan yang dibuat-buat untuk impeachment," tegas Misbakhun di Jakarta, Rabu (8/10).

Dia menegaskan KMP konsisten untuk menjadi penyeimbang pemerintahan dengan posisinya di Parlemen. Apabila Pemerintahan Jokowi-JK mengajukan program prorakyat, pasti akan didukung penuh.

"Kita konsisten jadi penyeimbang pemerintahan," ujarnya.

Begitupun dengan isu bahwa KMP akan menggunakan parlemen untuk melemahkan gerakan antipemberantasan korupsi. Kata Misbakhun, sama sekali tak ada niat KMP merevisi UU KPK demi pelemahan gerakan pemberantasan korupsi.

"Ketakutan itu berlebihan. Kita dalam spirit pemberantasan korupsi di koridor sebenarnya, bukan dalam rangka kepentingan politik atau mengerjai orang," tandasnya.

CLOSE