Stasiun KA Paledang Bogor Mulai Berbenah

Stasiun KA Paledang Bogor Mulai Berbenah
Ilustrasi stasiun kereta api
Vento Saudale / MUT Senin, 13 Oktober 2014 | 11:25 WIB

Bogor - PT Kereta Api Indonesia (KAI) melakukan perluasan area Stasiun Paledang di Kelurahan Padaleng, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Hal tersebut dilakukan guna memenuhi pelayanan penumpang Bogor-Sukabumi.

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Hubungan Masyarakat PT KAI (Persero) Daerah Operasional 1 Jabotabek, Agus Komarudi, Senin (13/10). Ia mengatakan lahan stasiun seluas 2.561 meter persegi merupakan milik PT KAI.

"Lahan tersebut sebelumnya dibangun 32 rumah karyawan PT KAI. Dua hari sudah dilakukan pembongkaran, saat ini sudah dalam masa finishing (penyelesaian)," katanya saat di hubungi BeritaSatu.com.

Nantinya, lanjut Agus, area tersebut akan dibangun rel ganda untuk lalu lintas kereta lokomotif Pangrango Bogor-Sukabumi dan perluasan area tunggu bagi para penumpang. "Selama ini kan, kereta Pangarango melakukan langsir di Stasiun Bogor dan sedikit menganggu aktivitas kereta di Stasiun Bogor yang khusus melayani penumpang commuter line," paparnya.

Sejauh ini, Stasiun Peledang hanya mempunyai area sekitar 500 meter persegi digunakan untuk halte kereta Pangrango. Menurut Agus, banyak keluhan dari penumpang karena sempitnya ruang tunggu, dan tidak dilengkapi lahan parkir yang cukup.

Stasiun tidak dilengkapi peralatan sinyal pengatur perjalanan KA. Prasarana penunjang hanya peron, loket pembelian atau penukaran tiket, dan di seberangnya ada beberapa warung.

Agus juga menambahkan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) sesegara akan diajukan kepada Pemerintah Kota Bogor. Menurutnya, IMB nantinya meliputi luas dan konstruksi bangunan dan lainnya. Selama ini, jalur Bogor-Sukabumi sudah melayani 3.000 penumpang dan kereta logistik PT Aqua setiap harinya.

Sumber: Suara Pembaruan
CLOSE