LIPI: Publik Belum Tahu Arah Kebijakan Kabinet Kerja i

Oleh: Robertus Wardi | Jumat, 9 Januari 2015 | 12:58 WIB

Jakarta - Peneliti senior dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro mengemukakan, secara umum publik belum tahu persis arah kebijakan kabinet kerja. Misalnya, 34 kementerian yang ada akan melakukan apa saja ke depan. Minimal, publik ingin mengetahui arah masing-masing kementerian, kebijakan apa saja yang akan dieksekusi sesuai dengan sembilan program nawacita.

"Publik berhak tahu arah kebijakan yang akan dilakukan para menteri. Menteri-menteri tak perlu mengada-ada melakukan blusukan hanya sekadar sebagai politik pencitraan saja. Publik hanya menghargai hasil konkret kinerja para menteri, bukan kamuflase politik untuk mengundang pujian khalayak," kata Siti di Jakarta, Jumat (9/1).

Ia menjelaskan, dari 34 menteri yang ada, hanya Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yang paling populer. Mulai penampilannya yang dinilai mengundang kontroversi sampai kebijakannya yang tergolong berani dengan menenggelamkan kapal asing ilegal.

Kinerja Menteri Perhubungan Ignas Jonan juga ditunggu. Respons tangkas pemerintah terhadap musibah pesawat AirAsia berbuah terkuaknya bisnis penerbangan yang menyimpang sedang ditunggu.

"Jonan harus mampu membenahi dan menampilkan wajah baru penerbangan Indonesia," tegas Siti.


Sumber: Suara Pembaruan
ARTIKEL TERKAIT