Sejumlah orang melakukan aksi protes di kawasan Perumahan Yasmin, Bogor, Minggu (1/1). Aksi protes tersebut bermaksud untuk membubarkan jemaat GKI Yasmin yang akan beribadah, namun upaya itu dihalangi petugas.
Dua anggota DPR, yakni Eva Kusuma Sundari dan Lily Wahid, yang tengah berada di tengah-tengah kumpulan jemaat gereja itu merasakan keberingasan dan tindakan anarki yang dilakukan para pemrotes keberadaan GKI Yasmin.

Saat menghadiri ibadah jemaat GKI Yasmin, Eva mengaku sempat diteriaki, ditarik bajunya, hingga didorong oleh massa yang didukung oleh Bupati Bogor Diani Budiarto itu. 

"Ini justru memperkuat empatiku pada warga masyarakat, bukan hanya GKI Yasmin, tapi juga PSK dan pedagang keliling yang sering dikejar-kejar Satpol PP," kata Eva dari Fraksi PDIP, dalam pesan singkat elektronik, kepada Beritasatu.com, di Jakarta, hari ini.

Setelah terusir dari lokasi gereja, ibadah GKI Yasmin dilanjutkan di rumah salah satu warga jemaat. Bertolak dari rasa simpati, Eva dan Lily dari PKB pun turut menemani para anggota jemaat dalam ibadah itu.

Jubir Jemaat GKI Yasmin Bona Sigalingging mengakui adanya tindakan anarkis yang dialami kedua politisi itu. Aksi itu, menurut Bona, juga sempat terekam dalam video yang dibuat salah satu jemaat GKI Yasmin.

"Isinya ejekan dan ancaman kepada Bu Eva," tandas Bona.

Penulis: