PT KAI Buka Kembali 2 Stasiun di Lumajang

PT KAI Buka Kembali 2 Stasiun di Lumajang
Ilustrasi Kereta Api ( Foto: Beritasatu.com/Danung Arifin )
Minggu, 5 April 2015 | 23:13 WIB

Jember - PT Kereta Api Daerah Operasi IX Jember segera membuka kembali dua stasiun di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, yang sempat berhenti beroperasi.

"Ada dua stasiun yang akan kembali beroperasi yakni Stasiun Jatiroto dan Stasiun Klakah di Kabupaten Lumajang," kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) IX Jember, Eko Sri Mulyanto, di Kabupaten Jember, Minggu (5/4).

Menurut dia, banyak permintaan dari masyarakat dan pihak Pemerintah Kabupaten Lumajang untuk membuka kembali dua stasiun pemberangkatan atau pemberhentian penumpang tersebut.

"Rencananya Stasiun Jatiroto akan beroperasi lebih dulu yakni pada 7 April 2015, sedangkan Stasiun Klakah dijadwalkan beroperasi pada 6 Mei 2015," tuturnya.

Stasiun Jatiroto, lanjut dia, sudah steril dari para pedagang asongan dan lokasinya juga sudah sesuai dengan standar stasiun pada umumnya.

"Kalau Stasiun Klakah masih perlu pembenahan, namun pihak aparat kepolisian setempat, camat, dan beberapa instansi lainnya menyatakan kesiapan untuk pengamanan selama kereta api berhenti di stasiun setempat," paparnya.

Ia menjelaskan kondisi Stasiun Klakah masih banyak jalan alternatif menuju stasiun dan belum bebas pedagang asongan, sehingga pihaknya masih menunggu hingga stasiun tersebut memenuhi standar sesuai dengan stasiun yang kini sudah steril.

Selain dua stasiun di Lumajang, PT KAI Daop IX Jember juga mengaktifkan kembali Stasiun Kalisat di Kabupaten Jember yang selama ini tidak digunakan untuk menaikkan dan menurunkan penumpang sejak 1 April 2015.

Sementara salah seorang warga Lumajang, Dian mengaku senang di bukanya kembali dua stasiun di Kabupaten Lumajang.

"Selama ini warga Lumajang kesulitan untuk naik kereta api dari Lumajang karena tidak ada stasiun pemberhentian atau pemberangkatan, sehingga warga Lumajang terpaksa naik bus," tuturnya.

Ia berharap Stasiun Jatiroto dan Klakah segera beroperasi, sehingga warga Lumajang bisa menggunakan jasa kereta api untuk bepergian menuju daerah lain.(*)

Sumber: Antara
CLOSE