Kodam XVIII Papua Barat Akan Dipimpin Putra Papua

Kodam XVIII Papua Barat Akan Dipimpin Putra Papua
Warga membawakan tarian selamat datang untuk menyambut tamu kehormatan di Manokwari, Papua Barat. ( Foto: ANTARA FOTO / Yudhi Mahatma )
Robert Isidorus / AB Selasa, 7 April 2015 | 20:35 WIB

Jayapura - Sesuai janjinya, Presiden Jokowi akan membentuk komando daerah militer (kodam) di Provinsi Papua Barat. Pembangunan markas kodam Papua Barat diharapkan selesai pada akhir 2015.

Hal itu dikatakan Panglima Kodam XVII Cenderawasih, Mayjen TNI Fransen G Siahaan saat dihubungi wartawan di Jayapura, Selasa (7/4) sore.

Pangdam yang sedang berada di Manokwari mengikuti pelaksanaan musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) Provinsi Papua Barat mengatakan kodam ini akan diberi nama Kodam XVIII/Kasuari.

"Diharapkan sebagai panglima pertama nantinya adalah putra daerah asli Papua. Saat ini sudah ada dua putra Papua yang menjadi jenderal dan satu orang kolonel," ujar pangdam.

Saat ini pembangunan gedung markas Kodam XVIII ini sudah dimulai di Manokwari. "Kami pun sudah mulai menyiapkan personel yang akan bertugas di kodam baru ini," ujar pangdam.

Kodam yang baru akan membawahkan Korem 171 dan Korem 173. "Dengan sendirinya kelengkapan-kelengkapan lain, seperti kodim dan koramil akan mengikuti pembentukan kodam baru ini," ujarnya. 

Sumber: Suara Pembaruan
CLOSE