Medan Akan Dicanangkan Sebagai Kota Pramuka

 Medan Akan Dicanangkan Sebagai Kota Pramuka
Akselerasi Revitalisasi Gerakan Pramuka ( Foto: Antara )
/ YUD Jumat, 10 April 2015 | 02:02 WIB

Medan - Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Medan M Husni berencana mencanangkan ibu kota Sumatera Utara sebagai Kota Pramuka pada tahun 2016.

"Ini merupakan tekad kita, bagimana tahun 2016 mendatang, Kota Medan akan menjadi kota pramuka," kata Husni, ketika membuka Jambore Kwartir Pramuka Medan di Petisah, Kamis (9/4).

Upaya mewujudkan Kota Pramuka, Husni mengatakan telah dimulai dari sekarang, salah satunya dengan memarakkan kembali kegiatan kepramukaan di setiap sekolah, kelurahan, kecamatan sampai kota.

"Alhamdulilah, gerakan memarakkan kembali eksistensi pramuka telah menunjukkan hasil yang nyata. Hampir seluruh kecamatan di Medan telah menggelar jambore," katanya.

Menurut Husni, keberadaan pramuka sangat penting sebagai pelopor pembinaan karakter generasi muda, Apalagi belakangan ini gerakan pramuka di Kota Medan sempat vacuum.

Karenanya pria yang menjabat sebagai Kadispenda Kota Medan ini, menyambut baik digelarnya jamboree ranting pramuka di Kecamatan Medan Petisah.

Artinya, gerakan pramuka mulai bergeliat kembali di Kecamatan Medan Petisah, selain Medan Petisah, gerakan pramuka kecamatan-kecamatan juga lainnya mulai aktif.

"Setelah melihat gerakan pramuka di masing-masing kecamatan mulai aktif kembali, saya mencoba mencanangkan menjadikan Medan sebagai Kota Pramuka. Intinya, jika pramuka sudah aktif dan hidup kembali, maka akan terbentuk generasi muda yang tangguh," katanya.

Selain itu, kata Husni, pencanangan ini sebagai salah satu motivasi untuk menggerakkan kembali pramuka di Kota Medan, mulai tingkat sekolah, kelurahan, kecamatan sampai kota (cabang). Kemudian dia ingin masing-masing kecamatan memiliki ikon yang bisa ditonjolkan dalam kegiatan kepramukaan.

"Sebagai contoh, Kecamatan Medan Area banyak memiliki home industri. Gerakan pramuka yang ditonjolkan harus yang menjadi ikon kecamatan. Untuk itu kwartib cabang siap membantu memfasilitasinya," katanya.

 

Sumber: Antara