DPD Target RUU Bahasa Daerah Selesai Tahun 2016

DPD Target RUU Bahasa Daerah Selesai Tahun 2016
( Foto: beritasatu.com )
Hotman Siregar Senin, 15 Juni 2015 | 17:43 WIB

Jakarta - Anggota Komite III DPD, Eni Khaerani, menjelaskan, pihaknya tengah menyusun Rancangan Undang-Undang (RUU) Bahasa Daerah yang menjadi program legislasi nasional (prolegnas) prioritas tahun 2016. Tugas Komite di bidang pengajuan RUU adalah mengadakan persiapan, pembahasan, dan penyempurnaan materi draft RUU beserta naskah akademiknya.

"RUU ini akan diajukan sebagai usul inisiatif untuk dibahas bersama DPR dan Pemerintah. Targetnya selesai tahun 2016," ucapnya dalam keterangan kunjungan kerja (kunker) Komite III DPD ke Bengkulu, Senin (15/6).

Dosen Universitas Muhammadiyah Bengkulu ini menambahkan, RUU itu akan mengatur perlindungan bahasa daerah yang menegaskan pelaksanaannya. RUU Bahasa Daerah tersebut dinilai mendesak dan relevan mengingat 659 bahasa suku bangsa dengan 2.636 variasi dialektal sebagai pembentuk identitas negara Republik Indonesia dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

Bahasa Indonesia merupakan refleksi dan serapan dari berbagai bahasa suku bangsa dan menjadi indentitas negaraRepublik Indonesia.

Sejumlah senator turut mendampingi Eni Khaerani dalam kunker ini, seperti Ahmad Jajuli (senator asal Lampung), Maria Goreti (senator asal Kalimantan Barat), serta Abdul Aziz Qahar Mudzakkar.

Sumber: Suara Pembaruan